Memperingati Hari Ulang Tahun  (HUT) TNI Angkatan Laut ke-76 Tahun 2021 Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat Berziarah Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa.

0
15

DERAP.ID|| Surabaya,-  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun  (HUT) TNI Angkatan Laut ke-76 Tahun 2021, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal)  Laksamana Madya TNI Nurhidayat memimpin Ziarah yang dilanjutkan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa yang berlokasi di Jl. Kusuma Bangsa Genteng Surabaya, Kamis, kemarin  (9/9/2021).

Hadir dalam acara ziarah tersebut Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat, Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Agus Hariadi. Selain itu hadir pula Pangkoarmada II beserta ibu, Gubernur AAL beserta ibu, Danlantamal V beserta ibu, Danpuspenerbal beserta ibu, Kasgartap III Surabaya dan Komandan Puskopaska.

Acara diawali dengan laporan penanggung jawab ziarah kepada pimpinan ziarah, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah, penghormatan kepada arwah pahlawan, pembacaan doa dan diakhiri dengan penaburan bunga pimpinan ziarah yang diikuti tamu undangan. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian tali asih kepada penjaga dan petugas kebersihan TMP Kusuma Bangsa.

Adapun kegiatan ziarah ini merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa para pejuang yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan mempertaruhkan jiwa dan raga. Ziarah dalam rangka menyambut HUT TNI AL ke-76 ini memiliki arti mendalam bagi seorang hamba Tuhan, dengan mendoakan arwah para pahlawan agar amal baik, pengorbanan dan perjuangannya diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain itu dengan ziarah tersebut diharapkan menjadi pelajaran berharga agar para generasi yang ditinggalkan senantiasa  berbuat yang terbaik dan meneruskan tongkat estafet perjuangan dari generasi terdahulu untuk berjuang demi rakyat, bangsa dan Negara. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan mengenang jasa-jasa para pahlawannya.(@Budi R Derap.id)