Komandan Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-M/UNIFIL Sekaligus Komandan KRI Sultan Iskandar Muda-367 Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S., Melaksanakan Dua Kegiatan Courtesy Call

0
299

DERAP.ID|| Turki,-  Komandan Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-M/UNIFIL sekaligus Komandan KRI Sultan Iskandar Muda-367 Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S., melaksanakan dua kegiatan  Courtesy Call (Kunjungan Diplomasi) kepada Gubernur Provinsi Mersin yaitu Ali Ihsan SU dan kepada Panglima Armada Mediterania Angkatan Laut Turki Laksamana Muda Fuat Gedik di Turki,

Gubernur Ali Ihsan SU, mengatakan  Courtesy Call yang dilaksanakan Abdul Haris ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan karena menurutnya, yang perlu diketahui adalah memang pelabuhan provinsi Mersin sendiri terletak di Turki bagian Selatan.

“Dengan adanya  proyek perluasan yang sedang dilakukan saat ini, pelabuhan Mersin nantinya akan menjadi pelabuhan terbesar di Turki dan menjadi pintu masuk utama untuk produk pertanian, makanan, perikanan dan petrokimia”, ungkap Gubernur.

“Pelabuhan provinsi Mersin juga memiliki fasilitas bagi kapal – kapal militer dan pelabuhan ini merupakan pelabuhan terbesar di wilayah laut Mediterania”, tutupnya.

Setelah mengunjungi Gubernur Provinsi Mersin, Dansatgas melanjutkan kunjungan kepada Panglima Armada Mediterania Angkatan Laut Turki Laksamana Muda Fuat Gedik.

Petinggi AL Turki tersebut mengatakan bahwa kegiatan kunjungan seperti ini  memang wajib dilaksanakan karena menurutnya Indonesia bukan hanya sahabat, melainkan Indonesia adalah saudara bagi negara Turki.

“Pandemi Covid-19 jangan menjadi penghalang bagi KRI SIM dalam menjalankan misi PBB dan diplomasi Angkatan Laut,” ujar Letkol Haris.

Hal ini sejalan dengan pesan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat Rapat Pimpinan TNI AL 2021, yakni fungsi diplomasi Angkatan Laut harus tetap dilaksanakan sebagai wujud nyata kebijakan politik luar negeri yang telah ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia.(@BudiR/DERAP.ID)