Prajurit Batalyon Perbekalan Dan Peralatan 1 Marinir (Yonbekpal 1 Mar) Mengikuti Latihan Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin) Tahun 2021

0
93

DERAP.ID||  Sukabumi,-  Dalam mengasah kemampuan sebagai pasukan pendarat, segenap prajurit Batalyon Perbekalan dan Peralatan 1 Marinir (Yonbekpal 1 Mar) mengikuti latihan Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin) tahun 2021 yang digelar oleh Resimen Bantuan Tempur 1 Marinir (Menbanpur 1 Mar) di Pantai Cipatuguran, Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jum’at Kemarin (04/06/2021).

Latihan ini merupakan latihan pendahuluan untuk menghadapi  puncak latihan Armada Jaya yang akan digelar dalam waktu dekat. Prajurit Yonbekpal 1 Marinir ini tergabung dalam Organisasi Logistik Pantai (OLP) dibawah pimpinan Dantim OLP Letda Marinir Utomo Puji Raharjo.

“Kemampuan OLP disusun sedemikian rupa sehingga untuk 1 Tim OLP dapat membantu 1 Batalyon Tim Pendarat (BTP), yang terdiri dari unsur Satbanmin (Pasrat) dan unsur Laut (Divisi Pantai, Dismalat, Paska),” jelas Letda  Marinir Utomo Puji Raharjo.

Latihan Satbanmin ini ditinjau langsung oleh Komandan Resimen Bantuan Tempur 1 Marinir (Danmenbanpur 1 Mar) Kolonel Mar Efhardian selaku Palaklat dalam latihan ini. Materi latihan yang dilaksanakan meliputi gelar Satbanmin dimulai dari Penyelidikan Instalasi Tim OLP, Pendaratan Tim Organisasi Logistik Pantai (OLP) dan gelar Daerah Pantai Bantuan (DPB) dengan unsur-unsur gelar Satuan Menbanpur 1 Mar antara lain (Bekpal, Zeni, Komlek, Angmor, Kesh dan Pomar), dilanjutkan dengan pelaksanaan Bongkar Umum serta dinamika pendukungan administrasi dan logistik unsur-unsur Satbanmin yang dilanjutkan pembentukan Daerah Bantuan Logistik (DBL).

Sementara itu, Danyon Bekpal 1 Mar Letkol Mar Budi Cahyono, M.Tr.Opsla., selaku Wasdal dalam latihan ini berpesan agar seluruh prajurit Turangga Cakti dapat berlatih dengan serius dan bersungguh-sungguh, sehingga pelaksanaan latihan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta jangan lupa utamakan faktor keamanan personel dan material.(@Budi’71 DERAP.ID)