Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Irvansyah Menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Ski Air Dan Wake Board Indonesia (PSAWI) Provinsi DKI Jakarta

0
586

DERAP.ID|| Jakarta,-  Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irvansyah menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Ski Air dan Wake Board Indonesia (PSAWI) provinsi DKI Jakarta yang baru. Laksda TNI Irvansyah terpilih melalui musyawarah daerah di Danau Sunter, Jakarta Utara, Sabtu (22/5). Musda pengurus PSAWI provinsi DKI Jakarta tersebut dihadiri Ketua Umum PB PSAWI Danny Boestomi, Ketua KONI DKI Jakarta Laksma (Purn) Djamhuron P Wibowo dan Wakil Ketua pengurus PSAWI DKI Jakarta Kolonel Laut (P) Utjuk Heru Sutjahjono.

Dalam pemilihan tersebut, Laksda TNI Irvansyah mendapat mayoritas suara. Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah menjadi calon tunggal dalam pemilihan ketua umum olahraga ski air nasional provinsi DKI Jakarta ini. PB Persatuan Ski Air dan Wake Board Seluruh Indonesia (PB PSAWI) sebelumnya bernama PSASI namun sejak 2012 berubah menjadi PB PSAWI karena ada tambahan nomor wake board.

Dalam sambutannya, Laksda TNI Irvansyah mengajak masyarakat khususnya di DKI Jakarta untuk memasyarakatkan olahraga air, khususnya ski air dan wake board.

Wake board adalah olahraga yang berkembang pesat di luar negeri, sementara Indonesia masih tertinggal. Atlet Indonesia menekuni nomor wake board sejak tahun 2010.

Oleh karena itu kedepan, dirinya berharap PSAWI DKI Jakarta akan menorehkan berbagai prestasi ditingkat nasional maupun internasional, sehingga akan mendorong masyarakat  untuk mencintai olahraga perairan utamanya ski air dan wake board.

Kepengurusan Persatuan Ski Air, Wake Board Indonesia (PB.PSAWI)  provinsi DKI Jakarta kosong, sejak Bapak Edy Djubaidi meninggal Dunia beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, olahraga perairan memang didominasi oleh atlet-atlet dari prajurit TNI AL dan Danau Sunter yang merupakan salah satu tempat pembinaan dan latihan para atlet olahraga perairan ini dikelola atas kerjasama TNI AL (Kolinlamil) dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Banyak atlet-atlet pelatda DKI Jakarta yang merupakan prajurit-prajurit TNI AL. Mereka telah banyak menorehkan prestasinya di tingkat nasional maupun internasional.

Sudah menjadi tradisi, pucuk pimpinan PSAWI selalu berasal dari lingkaran TNI-AL seperti pernah sebelumnya pada tahun 2012 – 2016, Ketua umum PB PSAWI dipimpin Laksdya (Purn) Didit Herdiawan.

Walaupun tak ada keharusan, keterlibatan TNI-AL dalam pembinaan ski air dan wakeboard ini menjadi sangat penting karena terkait peralatan dan perbekalan latihan atlet. Untuk bahan bakar boat saja untuk sekali latihan membutuhkan bahan bakar ratusan liter.

Prestasi ski air dan wakeboard DKI Jakarta tak kalah mentereng. Pada Kejurnas ski air, wake board dan wake surf 2019 sekaligus ajang Pra-PON 2020 di Danau Sunter Jakarta Utara. DKI tampil sebagai juara umum dalam Kejurnas yang diikuti 145 atlet dari 14 Provinsi itu. Dalam perburuan medali, DKI menyabet 5 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu. (@Budi Derap.id)