Pengawasan Arus Balik Harus Diperiksa Antigen

0
110
DERAP.ID|| Jakarta,-  Para pemudik tampaknya belum sebagian untuk melakukan perjalanan balik. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memperkirakan, bahwa masyarakat sangat cenderung akan melakukan perjalanan jauh setelah pemberlakuan kebijakan untuk pelarangan mudik Lebaran yang berakhir.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Dengan terlihat dari pergerakan orang yang kembali ke Jabodetabek hingga saat ini masih belum signifikan. Baik dari Pelabuhan Bakauheni, ataupun di Balonggandu, Karawang.
Secara kuantitatif pergerakan masyarakat pada hari terakhir libur lebaran ini masih di bawah 60 persen. Sehingga, pihaknya akan tetap melakukan pengetatan pengawasan arus perjalanan setelah periode libur Lebaran.
“Mengingat masa peniadaan mudik berakhir di esok hari, dan lusa tidak ada lagi peniadaan mudik. Kita harus tetap melakukan pengetatan,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (17/5).
Selanjutnya,Menteri Pehubungan Budi untuk kembali mengingatkan agar masyarakat yang akan menuju kota tujuannya, baik dari Sumatera atau Jawa agar masing-masing untuk memeriksakan diri antigen di kota asal keberangkatan.
“Sementara di Bakauheni kita menghindari banyaknya penumpukan. Sedangkan di kota-kota Jawa tentunya kita tidak ingin juga membuat penumpukan terutama di tempat yang akan dilakukan uji random oleh Dirjen Perhubungan Darat dan Satgas Covid-19. Sehingga ini nanti akan menjadi model di mana saudara-saudara kita akan melakukan perjalanan arus balik,” pungkasnya(@BudiR’71)