Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han),Magelang Meresmikan Gapura Juga Patung Taruna Tampil Dengan Wajah Baru

0
144

DERAP.ID|| Magelang,- Bersama Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han), Akademi Militer (Akmil) Magelang tampil dengan wajah baru. Gapura, Rumah Jaga, Patung Taruna di pintu satu dan Taman Damarwulan di Seputan Paviliun V, Kelas Microteaching dan Perkasa Fitness Center serta pengaspalan jalan Dendemonlat.

Dalam keterangan tertulis Penhumas Akmil, Minggu (14/3/2021), Gubernur Akmil dalam sambutan saat peresmian Gapura menyampaikan, pada awal tahun 2021 ini Kesatrian Akademi Militer tampil dengan wajah baru, yaitu dengan dipugarnya Gapura Utama Kesatrian, Rumah Jaga, memperbaiki tampilan Patung Taruna dan mempercantik Taman Damarwulan agar Akmil biar lebih berwibawa juga kelas Microteaching, Perkasa Fitness Center dan pengaspalan Dendemonlat.

Akademi Militer Dengan Tampilan Baru

Saat peresmian Gapura Akmil, salah satu sesepuh Alumni Akmil 1972, LetjenTNI (Purn) Sumarsono menguraikan, Alumni Akabri 72 (Bes) yang telah membangun Gapura, dengan alasan Gapura ini saat mengawali menjadi perwira dan mengakhirinya dari Gapura pintu 1 Akademi Militer ini.

“Bertitik tolak dari ini kita memprakarsai membangun Gapura Akmil. Alumni Akabri 72 “Bes” (Bakti Enam Sembilan) menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada Gubernur Akmil yang telah menyeselesaikan pembangunan ini,” tuturnya.

Akademi Militer Dengan Tampilan Baru

Gubernur Akmil dalam penjelasannya mengatakan bahwa pintu satu masuk Akmil mempunyai filosofi, tiang penyangga terdiri dari tujuh pilar yang artinya Sapta Marga merupakan harga mati bagi prajurit dan Pitulungan (pertolongan) serta Pitutur (Petuah), mari saling menasehati dan saling menolong satu sama lain. Untuk pilar di atas ada tiga tingkat mengandung filosofi Tanggap, Tanggon dan Trengginas, serta saling (Asah, Asih dan Asuh) juga filosofi dari syekh Subakir Sopo Salah Seleh. Yang di atas ada Maskot stupa Borobudur yang artinya Borobudur berada di wilayah Magelang (yang didalamnya ada Akademi Milter).

Gubernur Akmil berkolaborasi dengan Walikota Magelang dalam merepresentasikan pembangunan berbagai infrastruktur di lembaga pendidikan ini.

“Mudah mudahan Pemkot Magelang dengan Akmil, bersinergi membangun Magelang, kita kelola bersama, kita besarkan bersama dalam rangka Akmil dan Magelang lebih maju, ” ujar Mayjen Totok Imam.

“Pembangunan kelas Micro teaching guna melatih Gumil (Guru Militer) Akmil dengan metode latihan yang dirancang sedemikian rupa untuk memperbaiki keterampilan mengajar calon Gumil dan mengembangkan pengalaman profesional guru khususnya keterampilan mengajar dengan cara menyederhanakan atau memperkecil aspek pembelajaran sehingga Gumil dapat diketahui keunggulan dan kelemahan secara akurat, “tandas Gubernur Akmil.

Dibangunnya ruang fitnes Perkasa Fitness Center tersebut untuk membentuk prajurit profesional, terutama organik Akademi Militer, yang memiliki tubuh ideal, dapat bergerak cepat dalam melaksanakan tugas, serta siap setiap saat untuk mendukung tugas-tugas TNI AD.

Gubernur Akmil juga menyampaikan selain untuk membentuk postur prajurit yang kuat dan sehat, gedung atau ruang fitnes ini juga dibangun untuk menindaklanjuti perintah Kasad yang tujuannya untuk membentuk prajurit yang profesional dengan memiliki tubuh ideal.

“Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengharapkan, agar sarana Perkasa Fitness Center ini dapat dipergunakan dan dijaga sebaik-baiknya, serta tetap terpelihara dengan baik, sehingga fasilitas ini dapat dimanfaatkan secara optimal bagi peningkatan kebugaran seluruh prajurit Akademi Militer, ” imbuh Mayjen Totok Imam.

Akademi Militer Dengan Tampilan Baru

“Banyak bantuan alat-alat fitnes dari Kasad ke jajaran TNI AD, termasuk ke Akademi Militer, tujuannya agar prajurit TNI AD, terutama Akmil, memiliki fisik yang prima, bugar, sehat. Khususnya dalam situasi pandemi Covid-19 ini kita harus bisa menyiapkan imun tubuh kita dengan berolahraga,” tegasnya.

Gubernur Akmil mengajak semua warga Magelang yang hobi fitnes untuk olahraga bersama.

“Jadikan tempat fitnes ini menjadi sarana olahraga bersama,” tambahnya.

Perkasa Fitness Center Akmil dilengkapi dengan peralatan yang modern, kamar ganti, kamar mandi dan tersedia pula personal trainer yang sudah terlatih yang akan memandu cara pemakaian alat fitnes tersebut, agar terhindar dari resiko atau kecelakaan dalam berolahraga.

Gubernur Akmil meminta kepada jajarannya agar dapat memanfaatkan dan menggunakan fasilitas Perkasa Fitness Centre untuk meningkatkan kebugaran, khususnya para prajurit, sehingga dapat mendukung kinerja satuan.

Kemudian pengaspalan jalan di lingkungan komplek Dendemonlat (Detasemen Demontrasi dan Latihan), merupakan sarana yang penting yang menunjang aktivitas organik Akmil khususnya yang tinggal di Kompleks Panca Arga III.(@Budi Rht)