Kadeppel AAL, Kolonel Laut (P) Maman Nurachman Membuka  Latihan Praktek Pengendalian Kapal bagi Taruna Tingkat III Korps Pelaut Angkatan Ke-67

0
36

DERAP.ID|| Surabaya,-  Kadeppel AAL, Kolonel Laut (P) Maman Nurachman membuka  Latihan Praktek Pengendalian Kapal bagi Taruna Tingkat III Korps Pelaut Angkatan Ke-67 yang digelar di Bridge Simulator, Deppel, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Senin kemarin, (1/3)

Menurut Kadeppel AAL, Latihan Praktek (Lattek) Pengendalian Kapal yang diikuti 38 Taruna Korps Pelaut Tingkat lll ini, bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi Taruna Tingkat III Korps Pelaut dalam mengolah gerakan kapal, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan di KRI.

“Latihan praktek Pengendalian Kapal yang digelar setelah pelaksanaan Lattek Ilmu Muat dan Stabilitas Kapal  ini, akan  berlangsung selama 15 hari mulai 1 – 15 Maret 2021 mendatang,” terangnya.

Dalam Lattek ini, Taruna akan mendapatkan materi penggunaan alat labuh yang ada di kapal, sistem kemudi kapal, pengaruh luar dan dalam terhadap olah gerak kapal, prosedur lepas dan sandar didermaga, pengenalan alur gerak diperairan sempit dan dangkal, menghitung arah angin dan arus, prosedur Lego jangkar, mengepil, MOB dan Prosedur menunda Kapal.

Pengetahuan dan keterampilan pengendalian kapal ini lanjutnya, diharapkan dapat diaplikasikan di dalam penugasan, baik sebagai Perwira Divisi Navigasi, Komunikasi, Senjata Atas Air, Senjata Bawah Air, Pusat Informasi Tempur, dan jabatan lain yang setingkat di KRI serta sebagai kader pemimpin TNI AL kedepan.

Menurutnya, Lattek ini sangatlah penting, untuk itu la menekankan para Taruna agar memperhatikan dan mencermati segala materi yang disampaikan para Instruktur baik dalam praktek kering di Bridge Simulator maupun pada praktek basah di Kal Kadet VII mendatang.

“Berani dan jangan pernah malu bertanya apabila ada materi yang belum kalian mengerti dan selalu terapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan 5M disetiap sesi latihan,” pintanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Perwira Pelaksanaan Latihan (Palaklat), Mayor Laut (P) Bagus Waluyo, Perwakilan pelatih Mayor Laut Khairul Anwar dan para Instruktur Latihan lainnya.(@Budi Rht)