KRI Sultan Hasanuddin-366 Melaksanakan Latihan Miscex 805/Mailbag Transfer Dengan Kapal Perang Turki TCG Yildirim F 243

0
104

DERAP.ID|| Lebanon,-  Satgas Maritime Task Force (MTF) Kontingen Garuda  XXVIII-L/UNIFIL KRI Sultan Hasanuddin-366 melaksanakan latihan Miscex 805/Mailbag Transfer dengan kapal perang Turki TCG Yildirim F 243 dan Sailing Pass dengan kapal perang Jerman FGS Magdeburg F 261 di laut Mediterania, perairan Lebanon.

Komandan KRI Sultan Hasanuddin 366 Letkol Laut (P) Ludfy, S.T., MMDS.  menyampaikan bahwa latihan Mailbag Transfer dilaksanakan dalam rangka latihan kegiatan Replenishment at Sea yang dilakukan oleh dua kapal atau lebih.

“Latihan ini dilaksanakan untuk memberikan dukungan logistik di laut tanpa harus kembali ke pangkalan,” ungkapnya.

Latihan diawali dengan kapal perang Turki TCG Yildirim F-243 sebagai kapal penerima untuk melaksanakan approach ke KRI Sultan Hasanuddin 366 hingga posisi sejajar, dilanjutkan dengan pengiriman tali pendahuluan, tali jarak serta high line dilanjutkan dengan pengiriman barang (Mailbag Transfer).

Pada run kedua, KRI Sultan Hasanuddin 366 berganti peran menjadi kapal penerima, melaksanakan approach kepada kapal pemberi yaitu TCG Yildirim F 243.

Kegiatan selanjutnya Sailing Pass kapal Jerman FGS Magdeburg F 261 dan kapal Turki TCG Yildirim F 243. Kegiatan ini merupakan penghormatan untuk kapal perang Jerman FGS Magdeburg F 261 yang telah selesai melaksanakan tugas sebagai unsur MTF pada misi perdamaian di Lebanon.

Latihan bersama diakhiri dengan parade dan penyemprotan air pompa hydrant ke FGS Magdeburg F 261 oleh KRI Sultan Hasanuddin 366 yang kemudian dibalas juga semburan air pompa hydrant FGS Magdeburg F 261, dilanjutkan dengan bermanuver keluar formasi untuk melaksanakan tugas ke sektor operasi yang sudah ditentukan.(@ Budi Rht)