Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr(Han).,Memimpin Upacara Penerimaan 99 Personel Satgas Bantuan Kemanusiaan

0
296

DERAP.ID|| Jakarta,-  Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr(Han)., memimpin Upacara Penerimaan 99 personel Satuan Tugas (Satgas) Bantuan Kemanusiaan Korps Marinir TNI AL yang telah selesai melaksanakan evakuasi korban banjir dan gempa di Lapangan Apel Brigade Infanteri 1 Marinir (Brigif 1 Mar), Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan. Senin (08/02/2021).

Upacara yang diawali dengan Laporan oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Mayor Marinir Muhsin, M.Tr(Opsla) yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Angkutan Bermotor 1 Marinir (Danyon Angmor 1 Mar), dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan, amanat dan diakhiri dengan pembacaan do’a.

Sebagai wujud implementasi dari Tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Korps Marinir TNI AL segera merespon dengan cepat perintah dari Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P. Personel yang tergabung dalam Satgas Bantuan Kemanusiaan TNI Penanggulangan Banjir, telah melaksanakan evakuasi dan dukungan dapur lapangan sebagai sarana bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kalimantan Selatan, terhitung mulai tanggal 16 Januari 2021 sampai dengan tanggal 07 Februari 2021.

Demikian pula dengan personel dibawah pimpinan Letda Laut (K) dr. Andre Prasetyo Mahesa, yang tergabung dalam Satgas Kesehatan Bantuan Kemanusiaan TNI Penanggulangan Gempa yang telah melaksanakan Tugas Bantuan Kesehatan kepada masyarakat di pengungsian daerah Mamuju Sulawesi Selatan, terhitung mulai tanggal 15 Januari 2021 sampai dengan 28 Januari 2021.

Dalam amanatnya Dankormar menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung kembali dengan induk pasukan. “Tetap siapkan Satgas penanggulangan bencana untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, dihadapkan situasi cuaca yang masih kurang bagus, serta beberapa gunung api yang mulai aktif,”  tegas Dankormar dalam amanatnya.

Turut hadir pada upacara yang tetap menerapkan protokol kesehatan, Wadan Kormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han)., Irkormar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lasmono, Pejabat Utama Mako Kormar, Dankolak Kormar, Pejabat Utama Pasmar 1 serta Dankolak Pasmar 1. (@ Budi Rht)