Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M. Tr (Han) Memperingati HUT Kowal ke-58 Tahun 2021

0
249

DERAP.ID|| Surabaya,-  Prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) Akademi Angkatan Laut (AAL) beserta Taruni AAL turut memperingati HUT ke-58 Kowal Tahun 2021 bertema “Berprestasi Untuk Negeri, Berkarya Bagi Bangsa”, yang dilaksanakan secara virtual di Gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Selasa (5/1/2021).

Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M. Tr (Han), Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Pejabat Utama AAL, Ketua CBS Jalasenastri AAL yang juga Ibu Asuh Taruna, Ny. Nita Tunggul Suropati beserta jajaran pengurus CBS Jalasenastri AAL turut menyaksikan pelaksanaan Upacara HUT Kowal ke-58 Tahun 2021 di Mabesal, Jakarta secara virtual yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Dalam amanatnya, Kasal mengatakan bahwa keberadaan Kowal sebagai prajurit  menuntut kehadiran, peran dan kontribusi positif terhadap keberhasilan organisasi TNI Angkatan Laut.

“Sebagai seorang wanita militer, Kowal harus mampu mengemban tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh organisasi, sedangkan sebagai pemangku kodrat wanita, Kowal juga harus mampu untuk berkarier secara serasi, selaras dan seimbang serta profesional tanpa meninggalkan kodrat kewanitaannya,” terang Kasal.

Kowal sebagai Wanita Indonesia lanjut Kasal, harus menjunjung tinggi etika, menjaga tutur kata, sikap, perilaku dan penampilan yang baik pada saat pelaksanaan tugas maupun dikehidupan sehari-hari. “Jadilah prajurit Kowal yang militan dengan tidak meninggalkan kodrat kewanitaan sesuai dengan norma budaya dan agama serta ketentuan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudho Margono selaku Ibu Catra Ratnanggadi Jalakanyasena, turut menyampaikan beberapa hal yang perlu diterapkan oleh prajurit Kowal, baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan identitas, etika dan jati diri sebagai prajurit diantaranya pertama, Kowal itu Wanita, tetapi Militer. Kowal itu Militer tetapi, tetap Wanita. Kedua, jadilah mitra sejajar dengan prajurit pria. Ketiga, jaga nama baik diri, keluarga dan satuan/TNI AL dan Keempat, bijak bermedia sosial (medsos).

Usai menyaksikan upacara peringatan HUT Kowal ke-58 Tahun 2021, Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) didampingi Ny. Nita Tunggul Suropati melaksanakan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur dan bentuk apresiasi setinggi-tingginya kepada Korps Wanita TNI Angkatan Laut atas pengabdian, dedikasi dan loyalitas terbaik kepada bangsa dan negara.(@ Budi R )