Sumur Keramat Di Bangkalan Bisa Berubah Warna Dan Dipercaya Sebagai Obat

0
1458

DERAP.ID | Bangkalan – Di Bangkalan ada sumur yang dikeramatkan masyarakat karena memiliki keunikan.

Diera zaman globalisasi banyak sejarah cerita rakyat yang belum tersentuh di kalangan publik, seperti berkaitan cerita sejarah di Dusun Pakem Atas, Kecamatan Burneh, Desa Alaskembang, Kabupaten Bangkalan terdapat sumur keramat dengan julukan Mursambih, uniknya sumur ini di percaya airnya dapat digunakan sebagai obat.

Mitos yang berkembang di sekitar lokasi Dusun Pakem Atas ini, semakin sentral di bicarakan setelah wartawan DERAP.ID ikut mengeksplor kekeramatan sumur di kampung tersebut. Kamis (30/08/18)

Menurut keterangan warga yang rumahnya tidak jauh dari area sumur keramat tersebut yakni Abah Sudi mengatakan, sumur ini dulunya pada saat-saat tertentu bisa berubah-ubah warna, tidak pernah mengalami surut dan kedalaman hanya sekitar dua meter”, ungkap Sudi.

Bahkan Sumur Sambih ini, bila semakin banyak yang mandi, air Sumur tersebut semakin pasang atau bertambah (meluber). Umur Sumur tersebut sudah ratusan tahun, air Sumur Sambih ini pernah di kunjungi orang Saudi Arabia, orang Malaysia, juga ada dari sekitar pulau Jawa hanya untuk mengambil air di jadikan obat jelasnya.

Lanjut Abah Sudi, keturunan yang asal muasal terjadi adanya sumur tersebut ini masih ada yakni bernama Abah Rofik dan kebetulan bermukim di kampung Dusun Pakem Atas.

“Ada yang lebih unik menurut cerita orang tua tempo dulu, di samping sumur tersebut ada mushola (langgar) tiba-tiba mushola berpisah dengan sendirinya jauh dari sumur sekitar jarak 50 meter”, pungkas Abah Sudi.(rokip/totok)