Maba ITS Surabaya Terima Pembekalan Pelatihan Spiritual Dan Kebangsaan Dari Polda Jatim

0
1578

DERAP.ID, Surabaya : Sebanyak 4200 Mahasiswa Baru (Maba) Institut Tekhnologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menerima pembekalan pelatihan spiritual dan kebangsaan di gedung Graha ITS Kampus ITS Sukolilo Rabu (08/08/18)

Hadir sebagai pembicara dari Polda Jatim Kabid Humas Kombes Pol. Frans Barung Mangera S.I.K memberikan pengarahan dihadapan Maba ITS Surabaya tahun akademik 2018/2019.

Dalam pelatihan tersebut Kabid Humas Polda Jatim menyampaikan materi terkait Wawasan Kebangsaan yang merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap dirinya sendiri dan lingkungannya. Dan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yg di landasi pancasila dan UUD 1945.

Selain itu Kombes Pol Frans Barung Mangera, S.I.K. juga Menyampaikan 4 konsensus kebangsaan yang perlu ditegakan melalui pengamalan nyata di antara pancasila yang di amalkan dalam kehidupan sehari hari , UUD 45 yang di laksanakan dengan baik sehingga terciptanya keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan kesamaan kedudukan di mata hukum , Bhineka Tunggal Ika yg perlu di jiwai dan di resapi dalam kehidupan sehari hari sehingga terciptanya kerukunan dan toleransi. “Yang paling penting NKRI perlu di perjuangkan agar tetap berdaulat utuh dan jaya selalu”, jelas Barung panggilan akrab Kabid Humas.

Lebih lanjut Barung menjelaskan tentang radikalisme dan mengajak seluruh mahasiswa baru dan pihak kampus agar bersama sama mencegah sedini mungkin agar radikalisme tidak bisa berkembang di lingkungan kampus agar kampus yang sejatinya sebagai tempat belajar dan mencari ilmu tidak tercemar dan terkontaminasi oleh radikalisme.

Perlu diketahui Pelatihan diikuti mahasiswa baru yang berasal dari 10 fakultas dan 39 jurusan di ITS Surabaya.
(hum,anton)