Festival Gerobak Sapi Semarakkan HUT RI Ke 73 Di Klaten

0
1732

Derap.id, Klaten – Pemerintah Kabupaten Klaten menyelenggarakan  Festival Gerobak Sapi di Komplek Candi Plaosan Minggu (05/08). Acara yang dihadiri Bupati Klaten, Sri Hartini dan Anggota DPRD serta Forkopimda Klaten , turut hadir juga seluruh Camat se Kabupaten Klaten,  seluruh Kepala Desa se Kecamatan Prambanan.

Festival Gerobak Sapi diselenggarakan untuk menyemarakkan HUT Kabupaten Klaten yang ke 214, dan dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 serta melestarikan gerobak sapi yang merupakan warisan nenek moyang. Festival Gerobak Sapi  dimulai dari lapangan Desa Kebondalem Lor  menuju Candi Plaosan dengan jarak tempuh 6,5 km diikuti sebanyak 115 gerobak yang berasal dari Kabupaten Klaten, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Bantul,kata Camat Prambanan Suhardi.

“Semoga dapat memberikan motivasi pada paguyuban gerobak sapi untuk tetap melestarikan gerobak sapi sebagai angkutan tradisional“, Tegas Suhardi.

Bupati Klaten Sri Mulyani menjelaskan Kabupaten Klaten memiliki banyak aset wisata, antara lain Candi Prambanan, Candi Kembar, Candi Sojiwan, Candi Plaosan yang perlu dikembangkan untuk menarik wisatawan agar mau berkunjung, berwisata, dan berkuliner di Klaten, serta dapat mensejahterakan seluruh warga masyarakat Kabupaten Klaten. Dengan adanya Festival Gerobak Sapi ini semoga seluruh masyarakat terhibur dan senang.

“Kegiatan Festival Gerobak Sapi merupakan event tahunan Kabupaten Klaten yang bisa menarik seluruh wisatawan yang ada di luar Klaten karena Festival Gerobak ini satu satunya yang ada di Klaten, semoga bisa ditingkatkan untuk tahun yang akan datang”, Imbuh Sri Mulyani.(ags02).