Gugat Mantan Kekasih Akibat Dipermalukan Lewat Sosmed Seolah – Olah Menginjak Kitab Suci

0
329

DERAP.ID  ||  Surabaya  –  Merasa ketakutan Anita Gunawan ketika Wajah fotonya yang disejajarkan dengan foto kakinya sedang menginjak kitab suci viral di media sosial. Di unggahan foto wajahnya ditulisi kalimat yang merendahkan agama. Akun Facebook bernama Merlyn Channa juga menuliskan alamat lengkap rumahnya dan nomor telepon selulernya.

“Saya sempat ditelepon orang-orang tidak dikenal yang memarahi saya seolah-olah saya yang menginjak kitab suci itu,” ujar Anita saat bersaksi dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya kemarin (8/1).

Ketakutannya semakin menjadi ketika polisi mendatangi rumahnya di Manyar pertengahan Oktober tahun lalu. Polisi sempat akan menangkapnya karena mengira dirinya yang mengunggah status berisi fotonya tersebut. Namun, dia mengaku sebenarnya bukan dirinya yang mengunggah status tersebut.

“Polisi bilang orang-orang di luar sudah banyak yang cari saya. Ormas-ormas sudah mulai panas. Saya beberapa hari tidak berani keluar rumah. Postingan itu dikasih alamat lengkap rumah saya,” ungkapnya.

Setelah ditelusuri polisi, status Facebook itu diunggah terdakwa Natan Oscar Anangga Sugiarto. Pria 36 tahun itu adalah mantan kekasih Anita. “Dia mantan saya. Sudah dua tahun pacaran putus. Saya putuskan setelah tanya mau dibawa kemana hubungan ini karena setiap keluar pacaran selalu ditelepon mamanya suruh pulang,” katanya.

Terdakwa mengunggah status yang mencemarkan nama baik Anita sampai tiga kali. Pertama dilakukan setelah setahun putus. Pada 2017, terdakwa mengunggah foto Anita disertai keterangan perempuan di dalam foto bisa diajak berhubungan seksual.

Selanjutnya, Oscar dua kali mengunggah status Facebook berisi foto wajah Anita disandingkan dengan kaki menginjak kitab sucu disertai kalimat yang menghina agama dan Tuhan. Pada Januari 2018 dan Januari 2019. Setiap membuat status selalu menggunakan akun palsu.

“Saya sangat dirugikan. Nama baik saya tercemar. Ada dua foto. Satu foto saya dan dua foto kaki yang menginjak. Seolah-olah saya yang menginjak kitab suci,” ucapnya.

Sementara itu, terdakwa Oscar mengaku nekat berbuat demikian karena merasa sakit hati dengan Anita. Dia terluka karena diputus hubungan asmaranya saat sedang sayang-sayangnya. “Saya sakit hati pribadi. Tidak ada maksud lain. Biar dia merasa malu. Semuanya pakai akun anonim. Saya buat sendiri,” kata Oscar dalam sidang. (Budi R ).