Mengobati Batu Ginjal dengan Daun Tempuyung

0
830

Derap.id, – Bernama latin Sonchus arvensis dari suku Asteraceae atau lebih dikenal dengan nama tempuyung. Merupakan sejenis tanaman obat yang berkhasiat baik dalam pengobatan berbagai macam penyakit. Tumbuhan tempuyung ini dapat dengan mudah dijumpai pada tempok, pinggir jalan, ataupun di antara puing-puing bangunan.

Sebagai tanaman yang tergolong tanaman liar, tempuyung sangat cocok dan dapat dengan mudah berada di lingkungan dengan curah hujan yang merata sepanjang tahunnya. Tempuyung juga kerap dibudidayakan sebagian masyarakat di dalam pekarangan rumah. Tempuyung sangat menyukai sinar matahari dan mudah berkembang biak dengan biji yang terbawa oleh angin.

Karena tergolong ke dalam jenis tumbuhan obat berkhasiat, tempuyung banyak digunakan masyarakat sebagai bahan obat dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Termasuk diantaranya ialah dapat mengatasi penyakit batu ginjal. Di dalam daun tempuyung terkandung beberapa senyawa seperti kalium, flavonid, inositol, taraksasterol dan senyawa lainnya yang tentunya memiliki khasiat tersendiri terhadap kesehatan tubuh.

Kehadiran kandungan kalsium yang cukup tinggi di dalam daun tempuyung, dapat membantu batu ginjal dalam menyingkirkan kalsium untuk dilarutkan dan dihanyutkan keluar bersama urine. Oleh sebab itu, bagi para penderita batu ginjal saat ini. Daun tempuyung dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk pengobatan Anda saat ini, sebagai upaya dalam membantu melarutkan batu ginjal tersebut. Untuk cara memanfaatkan daun tempuyung menjadi ramuan alami batu ginjal, dapat dilakukan dengan cara ini.

Cara Mengobati Batu Ginjal dengan Daun Tempuyung :

Siapkan 150 mg daun tempuyung yang telah dikeringkan sebelumnya

Cuci bersih daun tempuyung terlebih dahulu

Setelah itu, rebus menggunakan 250 cc air

Tunggu beberapa saat hingga rebusan matang dan mendidih

Jika suhdah, angkat dan saring lalu tuangkan air rebusan ke dalam gelas

Minum ramuan daun tempuyung ini secara teratur 3 kali dalam sehari.

 

Itulah sekilas artikel mengenai cara mengobati gangguan penyakit batu ginjal menggunakan cara tradisional memanfaatkan bahan alami dari tanaman obat daun tempuyung. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.(pram/vv)