Forda Jateng 2024, Digelar Mulai Hari Ini di GOR Purwokerto dan sekitarnya

DERAP.ID | Banyumas – Sepuluh ribu orang diperkirakan bakal hadir di Gor Satria Purwokerto dan sekitarnya, pada Jumat – Minggu, 5 – 7 Juli 2024, untuk mengikuti Festival Olahraga Daerah (Forda) Jawa Tengah 2024. Mereka ini berasal dari para atlet dan official dari 35 Kabupaten Kota di Jateng.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Eko Purwanto, menjelaskan bahwa Forda merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jateng yang mempertandingkan olahraga tradisional dan rekreasi, di luar induk olahraga yang berada di bawah Koni.

Sejumlah 38 jenis induk olahraga (Inorga) akan dipertandingkan dalam Forda di Banyumas, seperti panahan tradisional, ketapel dan lainnya. Tempat pelaksanaan selain di Gor Satria Purwokerto, juga akan dilaksanakan di SMAN 1 Purwokerto, Unsoed dan juga sejumlah tempat lainnya di Purwokerto.

Sebagai tuan rumah pihaknya sudah melakukan persiapan, mulai tempat lokasi dilaksanakan Inorga, hingga akomodasi bagi peserta dan official.

“Forda ini adalah lomba untuk olahraga tradisional dan rekreasi, ada panahan tradisional, ketapel egrang dan lainnya,” jelas Eko.

Eko Purwanto menambahkan, Kabupaten Banyumas akan mengikuti 23 Inorga dengan target masuk tiga besar. Sebab pada tahun sebelumnya, Banyumas masuk rangking kedua dengan perolehan medali terbanyak. Persiapan matang sudah dilakukan oleh kontingen Banyumas, agar bisa meraih prestasi maksimal.

Selain itu, menurut Eko pihaknya juga melakukan pembinaan, terhadap para atlet melalui Inorga yang ada. Termasuk memberikan bantuan dana hibah –bagi Inorga yang ada– untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang diperlukan guna menunjang prestasi.

Sebelumnya pada akhir pekan kemarin, untuk memperkenalkan Forda Jateng 2024 di Banyumas, diadakan parade sepeda tua dan fun bike mengelilingi kota Purwokerto. Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan orang. (Widhi/Humas Pemkab Banyumas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here