Juleha Adakan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban

DERAP.ID | Banyumas – Juru Sembelih Halal (Juleha) DPD Banyumas adakan Pelatihan Juru Sembelih Halal dan Manajemen Qurban di masjid Agung Baitussalam Purwokerto, Minggu (9/6/2024).

Sebanyak 274 anggota baru dari berbagai wilayah di kabupaten Banyumas hadir mengikuti pelatihan. Mereka terdiri dari ta’mir masjid, mushola dan masyarakat umum.

 

Ketua Juleha DPD Banyumas, Darmawan Adhi Pramono, ST didampingi Ustadz Arianto Adhi Pratomo, Ustadz Sonny Martin serta beberapa pengurus berharap agar para juru sembelih bisa amanah dalam melaksanakan tugasnya saat pemotongan hewan qurban.

“Kegiatan pelatihan dan pembinaan ini sudah kami laksanakan untuk yang kesekian kali. Tujuannya agar para juru sembelih, baik dari kalangan ta’mir masjid, masyarakat umum maupun yang bekerja di rumah pemotongan hewan (RPH), betul-betul bisa melakukan atau menerima amanah dengan baik dalam melaksanakan penyembelihan hewan yang di konsumsi sehari hari maupun pada saat Hari Raya Idul Qurban,” kata Darmawan.

Materi yang kami ajarkan, lanjut Darmawan, adalah meliputi fiqih qurban, cara merubuhkan hewan (sapi) dengan baik, cara menyembelih dan menguliti, pengelolaan daging paska penyembelihan, pemakaian alat sembelih golok/gaman dengan standar ketajaman yang ditentukan.

Kegiatan pelatihan diramaikan juga dengan adanya bazar beragam peralatan dan sarana untuk menyembelih hewan, mulai dari pisau, alat asah, tali-temali hingga perlengkapan alat pengaman, apron, sarung tangan, sepatu boots dan lain-lain.

Selain pelatihan dan pembinaan secara masal, Juleha juga siap membimbing bagi anggota yang ingin praktek menyembelih hewan sapi secara langsung. Hal ini sudah menjadi rutinitas yang dilakukan para ahli Juleha setiap hari, yaitu melaksanakan pendampingan khusus di RPH Desa Bantarwuni.

Ustadz Mochammad Ghozie, salah satu ahli dari Juleha yang sudah mengantongi beberapa sertifikat, dalam dakwah khasnya beliau selalu menghimbau agar seluruh anggota Juleha mau meneruskan ilmu dan keahliannya kepada masyarakat.

“Kepada seluruh anggota Juleha, saya himbau untuk meneruskan ilmunya agar makin banyak masyarakat yang bisa menerima amanah dan melaksanakan penyembelihan hewan dengan baik dan benar,” jelas ustadz Ghozie.

“Jangan sungkan, mari kita ajak masyarakat banyak, baik dari kalangan ta’mir masjid, mushola maupun umum untuk mengikuti pelatihan ini. Bismillah.. Allahuakbar.. Salam JULEHA,” pungkasnya. (Widhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *