Jelang Idul Adha, Pj Bupati Bersama Dinkannak Banyumas Monitoring Kesehatan dan Stok Hewan Qurban

DERAP.ID | Banyumas – Menjelang pelaksanaan hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Pj Bupati Hanung Cahyo Saputro bersama Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkannak) Kabupaten Banyumas dan instansi terkait, melakukan Monitoring Harga dan Stok Hewan Ternak. Monitoring dilakukan dibeberapa tempat Minggu 8 Juni 2024, antara lain di peternakan Kawasan Bumi Perkemahan Kendalisada Kaliori Kecamatan Kalibagor dan Pasar Hewan Sokaraja.

Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro meminta Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas agar terus melakukan pengendalian penyakit hewan menular, terutama di lalulintas ternak, pasar hewan dan kandang-kandang penjualan hewan qurban selain itu juga segera melakukan vaksinasi.

“Dinkannak agar terus memantau stock hewan qurban agar harga terkendali,” pesan Hanung

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Banyumas, Ir. Sulistiono., M.Si mengatakan selama ini pihaknya terus meningkatkan pemantauan hewan kurban khususnya sapi, kambing dan domba agar bebas dari penyakit.

“Terkait penyakit, hanya ada pengobatan penyakit-penyakit ringan yang setelah diobati segera sembuh. Hingga saat ini untuk penyakit yang menular seperti penyakit mulut dan kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD) dan anthrax sampai saat ini tidak ada,” katanya.

Sulis menerangkan di Banyumas, terdapat empat pasar hewan dan terdapat 20an penampungan sementara hewan kurban. Di lokasi ini semua hewan, diperiksa kesehatannya oleh petugas. Termasuk hewan yang baru datang dari luas Banyumas, juga dilakukan pemeriksaan, hasilnya sampai saat ini belum ditemukan adanya temuan adanya sapi atau kambing yang menghidap penyakit.

Sulistiono menambahkan bahwa ketersediaan hewan korban di Banyumas pada saat idul Adha 1445 H atau 2024 mencukupi.

“Dari pendataan, ada ketersediaan 9.186 ekor sapi, 130 ekor kerbau, 58.357 ekor kambing dan 5.269 ekor domba. Berdasarkan kebutuhan sebagaimana tahun lalu stok aman,” pungkasnya. (Widhi/Humas Pemkab Banyumas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *