Wujud Rasa Syukur Terhadap Hasil Bumi, Warga Desa Tanjungrejo Adakan Parade Tumpeng Raksasa Tengah Sawah

0
642

DERAP.ID | Ponorogo – Parade Tumpeng Raksasa adalah tradisi masyarakat Desa Tanjungrejo Ponorogo sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan hasil bumi dari Tuhan Yang Maha Esa.

Letak Desa Tanjungrejo yang strategis untuk pertanian agraris membuatnya mempunyai hasil produk pertanian yang melimpah. Dalam rangka mensyukuri hasil yang dilimpahkan sang pencipta Dan sebagai ajang silaturahmi warga, hari rabu 14 agustus warga desa mengadakan Parade tumpeng raksasa tengah sawah. Acara tersebut juga sekaligus sebagai puncak perayaan HUT Republik Indonesia ke 74.

 

Tampak hadir dalam acara Bupati Ponorogo Ipong Muchlisoni, Kepala Dinas, Camat yang larut dengan suasana yang meriah bersama masyarakat.

Bupati Ponorogo Ipung Muchlisoni dalam sambutannya memberi aspirasi yang cukup tinggi mengenai parade tengah sawah. “Acara ini sangat unik karena mengambil tempat di sawah yang khas desa”, jelas Ipong. Rabu (14/08/19)

Foto : Bupati Ipong Muchlisoni memberikan potongan tumpeng ke Kades Mulyadi

Kepala Desa Tanjungrejo Mulyadi mengatakan dirinya bangga terhadap warga nya yang mempunyai inisiatif bergotong royong untuk acara parade tumpeng raksasa tengah sawah.

“Untuk pendanaan acara semua dari warga desa. Untuk tahun berikutnya pengadaan akan lebih di tingkatkan dari segi acara dan anggaran”, pungkasnya.

Lebih lanjut Mulyadi menjelaskan acara parade tumpeng raksasa tengah sawah ini yang waktunya berada di bulan Agustus , bulan dimana ada hari kemedekaan RI yang selalu meriah dirayakan seluruh rakyat Indonesia dimanapun berada.

Sebulan penuh di Desa Tanjungrejo diisi dengan berbagai kegiatan lomba seperti
lomba tangkap ternak, lomba tumpeng dan lomba gardu tarik tambang serta senam dalam acara dalam acara puncak nya 100 tumpeng dan tumpeng raksasa hasil bumi diarak mengelilingi desa dengan di kawal dua group drumban dari sd setelah itu menuju ke pangung pesta parade tengah sawah untuk dinilai.

Foto : Warga ber-selfie ria dengan Bupati

Sebelum acara parade tumpeng raksasa di tutup diadakan foto selfi bersama orang nomet 1 di Ponorogo. Warga sangat antusias berebut untuk bisa berfoto bersama sang Bupati. Dan acara diahkiri dengan doa untuk keberkaan agar senantiasa hasil bumi melimpah sesuai harapan warga DesaTanjungrejo, pungkas Mulyadi. (eko)