Kepala Staf Angkatan Laut Menerima Courtesy Call Dari Royal Netherlands Navy

DERAP. ID|| Jakpus-, Dalam Rangkaian Kegiatan 5th Navy To Navy Talks (NTNT) antara TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan Royal Netherlands Navy (RNLN) yang dilaksanakan pada tanggal 19-21 Maret 2024, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,SE,M.M.M,Tr,Opsla, didampingi Asintel Kasal Laksamana Muda TNI Akmal dan Asops Kasal Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan Menerima Courtesy Call Dari Royal Netherlands Navy bertempat di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, Rabu (20/03/2024).

Kunjungan Royal Netherlands Navy dipimpin oleh Director Operations of the Royal Netherlands Navy Commodore F.J.G. (Frank) Lenssen didampingi oleh Head International Military Cooperation, RNLN Lt. Col der Mariniers (Jonas) Van Hooren, dan Defence Attache accredited to Indonesia Col. Norbert Moerkens.

Commodore F.J.G. (Frank) Lenssen menyampaikan bahwa RNLN mengundang TNI AL untuk berpartisipasi pada Sail Amsterdam pada TA. 2025 di Amsterdam dan RNLN ingin berpartisipasi dalam latihan Super Garuda Shield 2025 dan berencana akan mengirimkan 1 kompi pasukan Marinir Belanda sejumlah 130 personel.

Dalam pertemuan tersebut, Angkatan Laut kedua negara ini juga membahas tentang kerjasama dalam bidang operasi dan latihan, kursus dan pendidikan, serta pertemuan dan kunjungan.

Selanjutnya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,SE,M.M.M,Tr,Opsla,
dalam pertemuan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Delegasi Angakatan Laut Belanda telah berpartisipasi pada event international yang telah diselenggarakan oleh TNI AL yaitu Multilateral Naval Komodo Exercise (MNEK) ke-4 yang telah dilaksanakan pada Bulan Juni 2023 di Makassar dan Pacific Amphibious Leaderships Symposium (PALS) yang telah dilaksanakan pada bulan Juli 2023 di Bali.

Lebih lanjut TNI AL akan mengundang kembali RNLN untuk ikut serta pada kegiatan MNEK ke-5, International Fleet Review (IFR), dan International Maritime Security Symposium (IMSS) ke-6 yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2025 di Bali. Selain itu rencana port visit RNN His Majesty’s Ship Tromp di Jakarta dan kegiatan Passing Exercise (PASSEX) yang akan dijadwalkan pada Bulan Mei mendatang.

“Terima kasih atas kunjungan Delegasi RNLN di Jakarta, semoga kegiatan NTNST ke-5 dapat terlaksana dengan meningkatkan dan membangun kepercayaan serta pengertian dalam mengatasi rintangan melalui kerja sama yang saling menguntungkan antar kedua angkatan laut dengan meningkatkan beberapa kegiatan di masa depan”, pungkas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,SE,M.M.M,Tr,Opsla,
(@budi_rht DERAP.ID)