Desa Menang Ponorogo Tetap Melestarikan Budaya Leluhur Dalam Meriahkan HUT RI ke-74

0
966

DERAP.ID | Ponorogo – Kemeriahan dalam merayakan hari Kemerdekaan Indonesia dengan tetap melestarikan budaya Jawa ditunjukkan oleh warga Desa Menang Kecamatan Jambon Ponorogo tepatnya di Dukuh Ringin.

Merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi keharusan warga sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Perayaan itu di lakukan oleh semua pihak baik intansi pemerintahan, swata, desa, perusahaan dan sekolah.

Biasanya mulai awal bulan Agustus setiap desa, instansi, perusahaan, sekolah sudah menghias dan mendekorasi wilayah mereka dengan umbul umbul, lampu hias menjadi pandangan wajib setiap momen tujuh belasan yang membuat suasana lain di banding bulan bulan yang lain.

Seperti kebiasaan moment perayaan HUT Kemerdekaan RI menjadi momen yang di tunggu – tunggu oleh warga desa. Kemeriahanya begitu terasa setiap memasuki masa tujuh belas agustusan.

Di Dukuh Ringin pada hari jumat 2 Agustus 2019 mengadakan pesta rakyat sebulan penuh dengan pangelaran reog ponorogo yang menampilkan seni reog dari paguyuban reog Desa Menang sebagai pembuka kegiatan Agustusan.

Selanjutnya untuk malam hari nya diadakan seni kerawitan untuk menghidupkan kembali budaya lokal sehinga anak muda lebih menggenal dan menghargai budaya nenek moyang.

Untuk acara malam minggu tanggal 3 agustus diadakan pentas dangdut yang menghadirkan artis lokal yang punya potensi.

Kepala Desa Menang Imam Tamami mengatakan perayaan Kemerdekaan Indonesia dengan agenda rutin setiap tahun dengan mengangkat kesinian lokal seperti reog ,kerawitan, wayang kulit. “Kita harapkan biar masyarakat lebih bisa mencintai kesenian lokal untuk nguri – nguri (melestarikan, red) warisan leluhur yang mempunyai nilai seni tinggi” jelas Imam.

Lebih lanjut Imam mengatakan mengingat besarnya antusiasme warga kedepannya akan lebih ditingkatkan dan lebih meriah dalam merayakan hari kemerdekaan negara Republik Indonesia yang kita cintai ini. (eko)