Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Memimpin Upacara Serah Terima Pangkoarmada RI

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Memimpin Upacara Serah Terima Pangkoarmada RI

DERAP.ID|| Jakarta,- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Memimpin Upacara Pengambilan Sumpah Dan Penandatanganan Pakta Integritas Serta Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) yang berlangsung di Lapangan Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta Utara, Jumat (08/03/2024).

Jabatan tersebut diserahterimakan dari Laksamana Madya (Laksdya) TNI Heru Kusmanto yang akan memasuki masa purna tugas, kepada pejabat baru Laksdya TNI Dr. Denih Hendrata, lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1989 Angkatan ke-35 dimana sebelumnya menjabat Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II).

Berbagai jabatan strategis telah dilalui oleh Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, sebelum dirinya menjadi orang nomor satu di jajaran Koarmada TNI AL. Pada tahun 2018 Perwira Tinggi Bintang Tiga TNI AL ini pernah menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, Wakil Asisten Pengamanan Kasal, Sahli Bidang Pertahanan Keamanan Wantanas, Gubernur Akademi Angkatan Laut, Asisten Operasi Kasal, Pangkoarmada II dan saat ini resmi menjabat Pangkoarmada RI ke-4.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, dalam sambutannya menyampaikan bahwa regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI AL harus terus berjalan sebagai salah satu bentuk dinamika pembinaan organisasi. Dalam lingkungan TNI dan TNI Angkatan Laut, jabatan Panglima Komando Armada RI memiliki nilai yang sangat strategis.

Lebih lanjut menurutnya, capaian dan prestasi yang telah ditunjukkan Koarmada RI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai kebijakan pemimpin dan telah memperlihatkan hasil yang membanggakan. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari karakter, kerja keras, dedikasi serta kepemimpinan dari seorang Panglima.

“Terima kasih kepada pejabat lama Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto atas dedikasi dan pengabdian luar biasa yang telah dipersembahkan selama menjabat Pangkoarmada RI. Bagi pejabat baru, tentunya kepercayaan tersebut harus dijawab dengan prestasi dan kinerja yang lebih baik bagi lagi bangsa dan negara”, pesan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla.

Diketahui Koarmada RI membawahi tiga Koarmada bernomor, yaitu Komando Armada I berada di Tanjung Pinang Kepulauan Riau, Komando Armada II berada di Surabaya Jawa Timur dan Komando Armada III berada di Sorong, Papua Barat.

“Armada Republik Indonesia selalu siap mengamankan kepentingan Bangsa dan Negara, tidak boleh ada satupun Negara di Dunia ini yang memaksakan kehendaknya dan mengganggu kepentingan kita”, tegas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, saat memimpin upacara serah terima jabatan tersebut. (@ budi_rht DERAP.ID)