Perkuat Peran Masyarakat TNI AL Gelar Karya Bakti Di Wilayah Perbatasan Tahun 2024

DERAP.ID|| Jayapura,- Wilayah perbatasan mempunyai nilai strategis dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional, pengamanan wilayah perbatasan secara optimal sangat dibutuhkan untuk memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan keamanan masyarakat yang tinggal di kawasan perbatasan.

Melihat hal tersebut TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut (Dispotmaral) selaku penanggung jawab menyelenggarakan kegiatan Karya Bakti TNI AL di wilayah perbatasan Tahun 2024 yang sudah dilaksanakan selama satu bulan dan memasuki acara puncak bertempat di wilayah Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura yaitu Kampung Nelayan Hamadi, Jayapura, Kamis (07/03).

Kegiatan ini memiliki beberapa sasaran pembinaan yaitu untuk sasaran fisik dilaksanakan renovasi rumah ibadah dan tempat pendidikan anak usia dini serta renovasi rumah layak huni kolaborasi TNI AL dengan BAZNAS dan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang pembekalan produk olahan perikanan, pengenalan digital marketing, bela negara dan hidup sehat.

Kadispotmaral Brigadir Jenderal TNI (Mar) Gatot Mardiyono menjelaskan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan Program TNI AL yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dispotmaral dengan sasaran daerah perbatasan RI atau daerah terluar yang strategis dan rawan dari aspek pertahanan dan keamanan negara. Oleh sebab itu perlu mendapat perhatian khusus dalam hal pembangunan sumber daya manusia dan pembangunan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Komandan Lantamal X Jayapura Brigadir Jenderal TNI ( Mar) Ludi Prastyono menambahkan bahwa Lantamal X sebagai Satuan Komando Kewilayahan TNI AL di Jayapura sangat mendukung penyelenggaraan Karya Bakti Wilayah Perbatasan Tahun 2024 di Kota Jayapura serta melaksanakan pembinaan potensi maritim di wilayah kerjanya melalui program-program kemasyarakatan yang menitikberatkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang Tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk berkomitmen memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang kesulitan seperti dalam hal ini penyelenggaraan Karya Bakti TNI AL di wilayah perbatasan Tahun 2024 yang diharapkan dapat membantu meringankan permasalahan yang dihadapi masyarakat.(@budi_rht DERAP.ID)