Hilal Terlihat, Kemenag Lamongan, Pastikan Idul Adha Jatuh Tanggal 11 Agustus 2019

0
483

DERAP.ID | Lamongan – Tim rukyatul hilal dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan melakukan pantauan hilal sebagai penentu awal bulan dalam Islam, seperti halnya dalam penentuan awal bulan Dzulhijjah 1440 H.

Dalam menentukan awal bulan Dzulhijjah 1440 H, tim dari kemenag berhasil melihat hilal di Tanjung Kodok Lamongan,
saat matahari terbenam pada pukul 17:41 WIB tanggal 1 Agustus 2019.

“Di Tanjung Kodok hilal terlihat pada saat matahari terbenam pukul 17.41 WIB, Berdasarkan hasil rukyatul hilal ini, maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu, 11 Agustus mendatang”, kata Khoirul Anam, Tim Teknis Badan Hisab dan Rukyatul Hilal Lamongan pada wartawan usai memastikan kemunculan hilal sebagai tanda awal bulan Dzulhijjah di hadapan wartawan di lokasi pantauan hilal Tanjung Kodok Lamongan. Kamis (01/08/2019) malam.

Khoirul Anam mengatakan hasil tim rukyatul hilal dari Kemenag Lamongan akan dimasukkan dalam berita acara oleh Hakim Drs Faisal, dan Panitera Drs H Kayanto. Selanjutnya hasilnya akan diteruskan ke Depag Pusat untuk dipakai sebagai bahan sidang isbat.

“Hasilnya akan kita kirim ke pusat sebagai wacana untuk sidang isbat, insyaallah hari raya Idul Adha 1440 H jatuh pada hari Minggu tanggal 11 Agustus 2019”, pungkasnya. (amin/rozaq)