Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo Secara Resmi Melantik Hadi Tjahjanto Dan Agus Harimurti Yudhoyono Di Istana Negara

DERAP.ID||Jakarta,- Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo Secara Resmi Melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Kabinet Indonesia Maju untuk sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2019-2024. Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo juga mengangkat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang merangkap Badan Pertanahan Nasional.

Adik kandung Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas turut mendampingi sang kakak saat dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri ATR/BPN di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024).Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengambil sumpah jabatan menteri yang dilantik. “Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam pelantikan Hadi dan AHY, di antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Dan terlihat juga, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Budi Arie Setiadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Begitu juga Ibas dan istrinya terlihat berdiri di belakang AHY selama proses pelantikan. Anak dari AHY, Almira Tunggadewi Yudhoyono juga berdiri di sebelah Rubi.

Sementara istri dari AHY, Annisa Pohan tampak berdiri di tempat berbeda.

Selain Ibas, hadir juga Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan yang turut menyaksikan pelantikan Ketua Umum Partai Demokrat AHY sebagai Menteri ATR/BPN.

Setelah resmi dilantik oleh Jokowi, AHY dan Hadi Tjahjanto kompak mengucapkan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Hadi dan AHY kompak.

“Bahwa saya dalam menjalankan sumpah jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap mereka.

Diketahui Hadi sebelumnya menjabat sebagai Menteri ATR/BPN. Seiring Hadi dilantik sebagai Menkopolhukam, Jokowi menunjuk AHY sebagai pengganti Hadi di Kementerian ATR/BPN.(@budi_rht DERAP.ID)