Kadisbintalal Menyelenggarakan Simposium Bintara Utama TNI Angkatan Laut Tahun 2024

DERAP.ID|| Jakarta,- TNI Angkatan Laut (TNI AL) Menyelenggarakan Simposium Bintara Utama TNI Angkatan Laut (SIMBAL) Tahun 2024 yang dibuka Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI Angkatan Laut (Kadisbintalal) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/02/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya Bama sebagai tulang punggung kesatuan dengan menanamkan nilai-nilai kejuangan, mengintegrasikan tradisi dalam kepemimpinan dan menyelaraskan tradisi kejuangan dengan praktik kepemimpinan yang efektif.

Kasal dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kadisbintalal menyampaikan bahwa Bama TNI Angkatan Laut memiliki peran yang sangat penting dalam kesatuan, menjadi tulang punggung yang menopang segala aktivitas organisasi.

“Keberadaan Bintara Utama menjadi kunci kesuksesan dan keberlanjutan operasional kesatuan secara keseluruhan, oleh karena itu peningkatan kompetensi Bintara Utama bukan hanya merupakan pilihan, tetapi suatu keharusan mutlak. Hal ini tidak hanya mencakup aspek teknis, tetapi juga aspek-aspek mental, tradisi dan kejuangan yang menjadi ciri khas kebanggaan TNI Angkatan Laut”, ucap Kadisbintalal.

Lebih lanjut Kadisbintalal menyampaikan harapan Kasal kepada seluruh para Bama bahwa dalam menghadapi dinamika tugas yang semakin kompleks, Bama harus mampu beradaptasi dengan terus meningkatkan keterampilan dalam segala bidang salah satunya kehandalan Bama sebagai pemimpin di lapangan sangatlah dibutuhkan, karena dengan keberanian akan mampu menginspirasi serta memotivasi pasukan untuk melaksanakan perintah pimpinan.

Kegiatan SIMBAL tahun 2024 yang mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Bintara TNI AL Sebagai Tulang Punggung Kesatuan Melalui Pembinaan Mental Tradisi Dan Kejuangan” ini digelar mulai tanggal 19 sampai dengan 22 Februari 2024 dan diikuti oleh 100 orang peserta yang merupakan Bama TNI AL perwakilan dari Kotama dan KRI.

Para peserta selama empat hari akan mendapatkan berbagai macam materi seputar Angkatan Laut dengan metode pre test, diskusi, ceramah, outbond, praktik, dan post test. Adapun ruang lingkup dari simposium ini adalah warrior toughness, leadership dan kejuangan, pemahaman sejarah dan tradisi, nilai-nilai kejuangan, dan kegiatan praktil tradisi TNI AL.

Materi-materi dalam SIMBAL tahun 2024 disampaikan oleh Danpuspomal, Kadisbintalal, Kadiskumal, Kadisopslatal, Kadisdikal, Kadisminpersal, Kadiswatpersal, Kadisjarahal, Dankolat Koarmada 1, Gadik AAL, Para Kasubdis Disbintalal, Wadanyonif 6 Mar Pasmar 1, serta Dr. Dewi Inong Irana, SP.D.V.E, FINSDV, FAADV.(@budi_rht DERAP.ID)