TNI AL Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2024

DERAP.ID|| Jakarta,- Beberapa saat lagi seluruh rakyat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 secara nasional untuk memilih Anggota DPR, DPD, Presiden/Wakil Presiden, Anggota DPRD dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu tersebut, TNI Angkatan Laut (TNI AL) telah menyiapkan Alutsista yang siap dilibatkan dalam distribusi logistik Pemilu. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, dihadapan media saat Upacara Penyambutan Satgas MTF TNI Konga XVIII-N/UNIFIL bertempat di Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (06/02/2024).

Kasal menyampaikan bahwa Alutsista TNI AL tersebut siap dilibatkan untuk pengiriman logistik Pemilu ke pulau-pulau terdepan dan terpencil. “Jadi utk logistik Pemilu pasti kita siap libatkan KRI kita untuk mengirim logistik pemilu ke pulau-pulau terluar dan daerah daerah terpencil yang sulit dilakukan pesawat udara atau lewat darat”, ungkap Kasal.

Tentunya dalam distribusi logistik Pemilu tersebut, TNI AL akan berkoordinasi ketat dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) nantinya.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan bahwa tidak hanya Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang akan dilibatkan, namun juga Kapal Angkatan Laut (KAL) dan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) milik TNI AL juga siap untuk membantu. TNI AL juga melibatkan para prajuritnya untuk ikut serta mengamankan proses pelaksanaan Pemilu diseluruh wilayah Indonesia.

TNI AL terus berkomitmen untuk bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2024, sesuai perintah Kasal kepada seluruh prajurit Jalasena dimanapun berada agar kegiatan Pemilu dapat berlangsung aman, jujur dan adil. (@budi_rht DERAP.ID)