JALIN PERSAUDARAAN LEWAT GEBYAR KETUPAT

0
529

DERAP.ID ׀ TRENGGALEK – Sebuah tradisi turun temurun yang selalu di lakukan oleh masyarakat di Kabupaten Trenggalek . Dalam rangka menyambut lebaran ketupat tepatnya H+7 setelah hari Raya Idul Fitri . Seperti halnya yang dilaksanakan di Dusun Gebyog Desa Munjungan Kec. Munjungan,Trenggalek pada Rabu (12/6/2019). Kegiatan di meriahkan dengan pawai seni budaya dan arak arakan keliling kampung.

foto : Gunungan ketupat di arak masyarakat keliling kampung

“Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat, dimana telah berhasil melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan 1440 H dan puasa sunnah Syawal. Selain itu tradisi arak arakan Ketupat ini sangat baik dan mampu meningkatkan silaturahmi serta menjaga kerukunan,” ucap Gunawan Kepala Dusun Gebyog.

Acara tersebut dikemas oleh remaja dan keluarga besar masjid Baitussajidin dengan tema “Gebyar Ketupat Jalin Ukhuwah”. Tampak hadir di tenggah tengah masyarakat Dusun Gebyog Kepala Desa Munjungan, Agus Setiawan.

Gebyar Ketupat keliling kampung kali ini sangat meriah dimana masyarakat antusias sekali mengikuti pawai keliling dari anak anak, remaja hingga orang dewasa semuanya tampak bersuka ria.(Ahmad).