KEJAKSAAN NEGERI KABUPATEN KEDIRI MENUJU ZONA INTEGRITAS WILAYAH BEBAS KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI

0
947

 

DERAP.ID ׀ KEDIRI – Sudah sekitar satu setengah tahun ini Subroto, SH, MH menjabat sebagai kepala kantor kejaksaan kabupaten kediri. Prestasinya terkait Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), beliau sering melakukan kegiatan penyuluhan penerangan hukum kepada masyarakat yang pesertanya adalah kepala desa diseluruh wilayah kecamatan sekabupaten kediri dengan metode inovasi sambang desa dengan goes atau bersepeda.

Ada juga program penerangan hukum kepada para dokter, (Jaksa sahabat dokter) program ini mengajak para dokter untuk tidak takut menentukan kebijakan yang terkait dengan permasalahan dalam pengadaan alat kesehatan.

Ada juga kegiatan jaksa masuk sekolah, dengan melakukan penyuluhan dan pengarahan kepada siswa agar selalu menjauhi narkoba dan kenakalan remaja, serta agar siswa melek hukum dan bisa melakukan pencegahan sebelumnya, selain itu kejaksaan juga selalu berkoordinasi dengan Institusi kepolisian, Bea Cukai, Badan Pertanahan Nasional dan Pemerintah Daerah serta Kantor Dinas yang lainnya dalam hal penyuluhan, penerangan serta pendampingan hukum, begitu tutur Anang Yustizia selaku kepala Sub Seksi Tehnologi Informasi Produksi Inteljen dan Penerangan Hukum yang mewakili kepala seksi inteljen kantor Kejaksaan Kabupaten Kediri saat ditemui oleh wartawan derap nasional.

Terkait dengan program pencanangan zona integritas, hal itu dapat diakses melalui website www kejari-kediri-kab.co.id, disitu ada mekanisme pelaporan dalam bentuk elektronik. Contohnya bila ada pelaporan tentang tindak pidana korupsi, pelapor tinggal klik dan nanti akan muncul form untuk diisi sesuai dengan kasus yang akan dilaporkannnya. ada juga bagi pemerintah daerah atau instansi-instansi pemerintahan yang akan melakukan pengadaan barang dan jasa yang ingin adanya pendampingan oleh Kejaksaan, jadi bisa klik menu diform elektronik tersebut. kemudian ada juga untuk konsultasi hukum, bantuan hukum atau pendapat hukum.

Selain itu ada inovasi diaplikasi android yang terdapat di playstore yang dapat diunduh oleh masyarakat, ada juga inovasi tilang mengenai jasa tilang di e jantil ( elektronik jasa tilang ) jadi orang ngak perlu lagi mengantri dipos pelayanan tilang, namun hanya lewat aplikasi itu ada jasa pengantar tilang yang sudah ditentukan tarifnya.

Untuk kasus tindak pidana yang marak terjadi dan sedang ditangani oleh kejaksaan di akhir tahun lalu dan awal tahun ini adalah narkoba, perjudian dan yang paling populer adalah korupsi.  Himbauan untuk masyarakat dan instansi yang memiliki kepentingan dengan kejaksaan yaitu  ” kenali hukum dan jauhi hukuman ” .

kejaksaan kabupaten kediri akan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pada jam kerja hari senin sampai dengan hari jumat mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. (Hermawan).