HARI JADI KE 448 KABUPATEN BANYUMAS GELAR KIRAB PUSAKA

0
1401

DERAP.ID , PURWOKERTO – Prosesi Kirab Pusaka Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke 448 digelar minggu (17/2/2019 ) di Jalan Jenderal Sudirman Purwokerto, acara cukup meriah dan di tonton ribuan warga Banyumas dan sekitarnya .

Upacara dimulai dari Pendopo Wakil Bupati dengan upacara dan penyerahan Tombak Kiai Genjring dari Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein kepada Suba Manggala dan peraga kirab .

Perwakilan Kelurahan Bobosan dalam kirab Banyumas 2019

Iring-iringan kirab seperti pasukan kerajaan membawa empat pusaka kebesaran Kabupaten Banyumas dan foto 30 mantan Bupati Banyumas, dalam rangka hari jadi ke 448 Kabupaten Banyumas yang jatuh pada 22 Februari .

Acara kirab Pusaka diikuti selain Bupati dan wakil Bupati juga Anggota Forkompinda, Pimpinan dan anggota DPRD . Dilibatkan juga kepala dinas / instansi, camat, kepala desa serta warga masyarakat yang semua peserta kirab memakai pakaian adat Banyumasan .

“Kirab Ritual Pusaka sudah menjadi agenda tahunan wisata budaya di Kabupaten Banyumas. Hanya Kabupaten Banyumas saja di wilayah eks Karesidenan Banyumas yang memiliki acara kirab seperti ini,”kata Joko Wiyono, Kabag Humas Setda Kabupaten Banyumas kepada awak media, minggu (17/2).

Terlihat banyak warga yang menghadang Bupati dan wakil Bupati untuk sekedar bersalaman dan meminta foto bersama . Salah satu penonton Ismiani dari wangon merasa sangat senang bisa menonton kirab tahun ini, menurutnya acara semakin baik dan banyak perkembangannya dibanding tahun lalu, serta banyak penonton antusias, dan lebih tertib,”imbuhnya.(eko).