JAMBLANG (DUWET) MULTI MANFAAT BUAT KESEHATAN

0
1226

Dimasa kecil kita dulu sangat familiar sekali dengan buah yang satu ini yaitu Jamblang (duwet) atau ada juga yang menyebut juwet, mempunyai nama lathin Syzygium Cumini, beberapa orang mungkin masih bingung dengan  buah ini karena mirip blackberry. Buahnya berubah warna dari hijau ketika muda lalu menjadi hitam keunguan ketika matang.

Buah kecil ini memiliki gizi yang tinggi karena mengandung banyak protein, serat, dan juga mengandung fenol, tritepenoid, minyak esensial, minyak atsiri, jambosin, asam organik, asam oleanolic, tanin, antosianin, asam ellagik, dan flavonoid. Selain itu mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, dan fosfor. Juga sangat kaya akan vitamin C dengan jumlah riboflavin, niacin, tiamin, dan vitamin B6 yang signifikan.

Dengan banyaknya zat zat protein , mineral dll yang terkandung di dalam buah jamblang tentunya sangat berguna sekali buat kesehatan kita , berikut ini beberapa manfaat buah jamblang bagi kesehatan :

  1. Pembersih darah alami

Kandungan zat besi dalam buah jamblang memastikan bahwa darah beroksigen dengan jumlah hemoglobin yang baik dapat mencapai seluruh bagian tubuh. Kulit yang bersih adalah tanda darah murni. Menerapkan pasta bubuk biji jamblang bisa mengurangi jerawat.

  1. Obat diabetes
Jamblang Buah Multi manfaat bagi kesehatan

Buah jamblang digunakan sebagai obat diabetes oleh para ahli kesehatan alternatif. Secara ilmiah, buah jamblang memiliki indeks glikemik rendah. Hal itulah yang membuatnya menjadi pilihan tepat bagi para penderita diabetes. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam the Complement Ther Med tentang efek anti diabetes buah jamblang.

Studi tersebut menunjukkan bahwa buah jamblang memiliki potensi yang signifikan sebagai bahan obat diabetes. Studi lain menunjukkan bahwa biji buah jamblang bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30%. Manfaat buah ini dikaitkan dengan menurunkan risiko komplikasi akibat diabetes.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Tritepenoid hadir dalam buah jamblang yang berkhasiat menghentikan akumulai atau produksi kolesterol dalam tubuh. Ini penting untuk orang yang sudah mengalami gangguan jantung.

Jamblang juga mengandung kalium yang merupakan mineral yang diperlukan untuk kesehatan jantung, mencegah gangguan kardiovaskular, hipertensi, dan stroke.

 

  1. Mencegah kanker

Beberapa studi telah menyelidiki sifat chemoprotective dari buah jamblang. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti Jagetia GC menunjukkan bahwa ekstrak buah jamblang mampu menghambat radiasi yang disebabkan oleh generasi radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

  1. Baik untuk gigi dan gusi

Karena buah jamblang memiliki banyak vitamin C, maka baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C membantu menyembuhkan luka seperti gusi berdarah. Sifat antibakteri dari jus ini membantu mengusir bakteri yang mungkin masuk melalui mulut, dan mencegah masalah bau mulut juga.

. 6. Obat infeksi

Bagian lain dari buah jamblang seperti daun, kulit , batang dan biji secara tradisional digunakan sebagai obat infeksi karena bakteri. Tanaman jamblang menyimpan senyawa seperti asam malat, asam galat, asam oksalat dan tanin. Kandungan senyawa tersebut berfungsi sebagai antimalaria, sifat antibakteri dan gastroprotektif.

Nah, buah yang saat ini memang sudah jarang sekali ditemukan di pasar ini ternyata menyimpan manfaat yang besar bagi kesehatan kita. Kita bisa menjadikan buah jamblang sebagai bahan resep makanan dan minuman kita sehari hari . Menu yang sehat untuk tubuh yang sehat.(gab/red)