Staf Operasi Panglima TNI Menerima Penghargaan Hasan Wirajuda Perlindungan WNI Award (HWPA)

0
496

DERAP.ID|| Jakarta,-  Staf Operasi Panglima TNI menerima penghargaan  Hasan Wirajuda Perlindungan WNI Award (HWPA) dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Penghargaan tersebut diserahkan secara virtual oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi, S.I.P., LL.M kepada Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P. yang diwakili oleh Waasops Panglima TNI Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., bertempat di Soehanna Hall, Energy Building, Jakarta, Jumat Kemarin  (18/12/20).

Dalam sambutan Menlu RI menyampaikan bahwa sejak tahun 2015 Kemenlu RI telah memberikan apresiasi sekaligus menggalang dukungan para pemangku kepentingan (stakeholder) dan para pihak yang telah berkontribusi secara signifikan dan mendukung upaya pemerintah dalam pelaksanaan tugas perlindungan WNI di luar negeri.

Dalam hal ini Kemenlu RI telah menetapkan Staf Operasi Panglima TNI sebagai salah satu penerima HWPA dari 22 individu maupun institusi yang ada di dalam dan luar negeri. Penetapan tersebut didasarkan kepada kontribusi dan kerjasama yang baik yang telah diberikan oleh Staf Operasi Panglima TNI dalam mendukung pelaksanaan tugas perlindungan WNI di luar negeri, khususnya terkait operasi evakuasi dan penanganan repatriasi WNI dari luar negeri pada masa pandemi Covid-19 ini.

Sementara itu Waasops Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Kemenlu RI ke pada TNI. Hal ini sejatinya sudah menjadi bagian dari tugas pokok TNI untuk melindungi seluruh rakyat Indonesia dimanapun berada dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. TNI senantiasa untuk bersinergi dengan segenap komponen bangsa yang ada di negara kita ini.(@Budi R)