Kadismatal Laksma TNI Budi Sulistyo, CHRMP Menyampaikan Ucapan Selamat Menempuh Pendidikan Sekaligus Ucapan Selamat Mengikuti Prosesi Praspa

0
102

DERAP.ID|| Surabaya,-   Sebanyak 43 orang Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-50 TA 2020 Korps Teknik yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek) Komando Pendidikan  Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal mendapatkan pembekalan dari Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksma TNI Budi Sulistyo, CHRMP yang dilaksanakan di Ruang Satharmat Koarmada II Ujung Surabaya, Kamis  (10/12/2020).

Mengawali pembekalanya, Kadismatal menyampaikan ucapan selamat menempuh pendidikan sekaligus ucapan selamat mengikuti prosesi Praspa yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Desember yang akan datang, semoga mulai hari ini hingga pelaksanaan Praspa dapat berjalan lancar dan aman hingga para siswa dapat menyandang pangkat Letnan Dua.

Lebih lanjut Kadismatal menyampaikan bahwa komposisi perwira Korps Teknik saat ini 14,23 persen dari jumlah perwira seluruh TNI AL. Dari 14,23 persen atau tersebut terdiri 5 orang Pati Bintang dua, 30 Pati Bintang satu sedangkan selebihnya adalah perwira berpangkat Kolonel hingga Letnan Dua. Adapun para perwira Korps teknik ini menempati jabatan di beberapa institusi antara lain TNI AL, Mabes TNI, Kemhan, Lemhanas, Bakamla, Wantanas, BIN dan BNPT.

Menurutnya SDM kualitas perwira ditentukan oleh etika dan moral, kepemimpinan dan profesional dari prajurit itu sendiri, sedangkan hekekat perwira korps teknik adalah prajurit pejuang sapta marga yang berarti mempunyai dedikasi dan loyalitas pada negara untuk mewujudkan yang terbaik,resposnsif berarti peka terhadap kemajuan ilpengtek dan  perkembangan lingkungan strategi serta profesional yang berarti ahli dan terampil di bidangnya antara lain pemeliharaan, perbekalan, fasilitas pangkalan, kelaikan dan profesi lainya.

Diakhir pembekalanya Kadismatal menekankan bahwa dalam kedinasan nantinya para perwira akan mempunyai anak buah, oleh sebab itu pimpinlah anak buah dengan baik serta memberi suri tauladan yang baik pula. Sedangkan strata kepangkatan  akan mengalami perubahan dari Bintara ke perwira, berikanlah doktrin yang baik kepada istri karena istri juga mempunyai tanggung jawab anak buah.

Selain itu jadilah perwira yang dewasa, baik diawasi maupun tidak bekerjalah secara profesional. Dalam kedinasan banyak godaan salah satunya Narkoba, Untuk menjauhi narkoba banyaklah  berdoa dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa.(@Budi R )