Kapal MV Mentari Crystal Mengalami Kecelakaan Saat Sandar Di Dermaga Terminal Teluk Lamong

0
192

DERAP.ID|| Surabaya,-  Kapal MV Mentari Crystal mengalami kecelakaan saat sandar di dermaga Terminal Teluk Lamong (TTL) Surabaya. Kapal bermuatan kontainer milik perusahaan pelayaran PT Mentari Lines Surabaya yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak itu terguling sekitar pukul, 21.45 Wib, pada hari minggu kemarin.

“Sekitar pukul 21.45 Wib,” ujar Dahlia, Corporate Communication TTL dikonfirmasi, Pada Senin  (16/11/2020).

Lia, sapaannya belum bisa memberikan keterangan detail terkait insiden kapal bernomor IMO 8879926 tujuan Kendari, Sulawesi Tenggara tersebut. Hanya saja, Lia menyilakan, untuk mengikuti press conference yang digelar PT TTL hari ini terkait ‘Operasional Pelayaran Petikemas Dipastikan Lancar Pasca Insiden MV Mentari Crystal’ sekitar pukul 15.00 Wib di Cafetaria TTL.

“Apabila berhalangan hadir dapat mengikuti secara online melalui link zoom,” tulis Lia dalam pesan pendek yang dikirimkan.

Sementara, hingga kini belum diketahui penyebab terbaliknya kapal buatan tahun 1992 tersebut. Namun, berdasar informasi yang berkembang, dugaan sementara dari insiden tersebut karena mengalami kebocoran pada lambung kapal.

Praktis, akibat kecelakaan tersebut, tumpukan kontainer yang diangkut kapal banyak berjatuhan ke laut. Apabila hal ini tidak segera dilakukan pembersihan, bisa jadi Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) akan terganggu.

Sayangnya, hingga kini belum diperoleh keterangan resmi dari Kantor Kesyahbandaran (KSU) Tanjung Perak Surabaya selaku regulator keamanan dan keselamatan pelayaran di Tanjung Perak. “Itu P3, saya gak paham,” tukas sumber dekat di lingkungan KSU Tanjung Perak.

Sebelumnya, laka laut yang melibatkan kapal general cargo MV Mentari Crystal ini sempat beredar di media sosial. Unggahan video detik-detik insiden tersebut sangat jelas mendeskripsikan visualisasi posisi kapal terlihat miring dengan muatan peti kemas yang berhamburan jatuh ke laut.(@Budi R)