Dampak Virus Corona Pengusaha Sampai Bulan Juni Masih Kuat Bertahan, Tapi Kalau Sampai Bulan Desember 2020, Pasti Angkat Bendera Putih

0
365

DERAP.ID|| Surabaya,- Akibat wabah virus corona melanda semua negara di dunia, maka virus ini akan membawa dampak besar pada perdagangan dunia dan krisis ekonomi semua negara.

Indonesia termasuk dalam negara yang terjadi krisis ekonomi akibat virus corona.

Kemungkinan besar semua pengusaha Akan mengalami berbagai kendala akibat tidak ada produksi dan tidak penjualan. Ada tingkat pengusaha yang maju dan berkembang, pengusaha tingkat ini dibagi menjadi tiga :
1). Pengusaha kelas atas
2). Pengusaha kelas menengah
3). Pengusaha kelas bawah

Pertanyaan : Apa mungkin pengusaha di tingkat tingkat ini bisa merugi ?, padahal ini baru dua bulan dampak wabah virus corona, masa tidak ada simpanan keuntungan selama ini.

Sedangkan satu sisi Ada tiga tingkat kelas pengusaha UKM atau UMKM yaitu :
1). UKM kelas atas
2). UKM kelas menengah
3). UKM kelas bawah

Pertanyaan : apakah iemungkinan akan Terdampak akibat virus corona ?, Kemungkinan besar kemiskinan akan merambah ke UKM tinglat bawah, kalau UKM tingkat menengah dan UKM tikngkat atas masih bisa bertahan, karena ada simpanan.

Bagaimana dengan Masyarakat yang usaha mandiri yang tergantung pada pelaksanaan proyek pemerintah dan swasta dan padat karya dan pekerjaan serabutan. Begitu mereka semua di rumahkan, maka tidak akan ada pemasukan, mereka hisa bertahan dengan sedikit tabungan, dan tidak akan bertahan lama, apalagi kelompok kerja harian, kerja hari ini untuk besok dan kerja besok untuk hari depan.

Pengusahan tingkat atas, menengah dan bawa, menurut saya kalau sampe bulan Juni masih bisa bertahan.

Sedangkan UKM tingkat atas dan menengah, menurut analisa saya masih bisa bertahan Karena kemungkinan masih ada simpanan.

Namanya pengusahan pasti punya perhitungan perhitugan khusus dan simpanan untuk jaga jaga atau untuk Emergency, pengusaha itu tidak mungkin seperti panas setahun dihapus hujan sehari, pengusaha pasti berpikir sebelum hujan pasti sudah ada payung.

Untuk itu harapan kepada pengusaha dan pimpinan perusahaan agar tetap menyediakan THR dan menyediakan gaji ke 13, serta dengan peran CSR untuk ikuti berpartisipasi khusus sembako bagi karyawan dan masyarakat sekitar pabrik atau perusahaan dan atau kepada masyarakat yang membutuhkan.

Apapun yang terjadi untuk bangsa ini, untuk rakyat ini, mari kita saling bahu membahu, saling tolong menolong sesama dalam hal kesehatan, sosial, ekonomi dan keamanan dalam rangka menjaga stabilitas politik, sosial, ekonomi, keamanan dan kesatuan NKRI akibat wabah virus corona.

Kita semua tetap berusaha mentaati semua anjuran dan selalu berdoa semoga virus corona ini cepat berlalu, agar semua aktivitas kembali normal, menuju indonesia berkemajuan. (Budi R)