Infeksi Sebaran Virus Corona Tak Juga Beranjak Dari Wilayah Provinsi Jawa Timur

0
289

DERAP.ID|| Surabaya,- Infeksi sebaran virus Corona tak juga enyah dari wilayah Provinsi Jawa Timur. Fakta masih bercokolnya wabah Coronavirus Disease (Covid-19) dari Jatim ini terbukti dari update pasien positif Covid-19 per Jumat, 3 April 2020 tercatat semakin bertambah.

Update data pada pukul 17.30 Wib itu, terkonfirmasi bilangan pasien positif Covid-19 di Jawa Timur sudah menyentuh angka 152 orang. Dari lonjakan bilangan tersebut, sekaligus mencatatkan sebaran baru jumlah pasien positif Covid-19 menyasar Lamongan yang menyusul dominasi Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

Dari 152 orang positif Covid-19 itu, terinci 77 orang dari Surabaya, 5 dari Kabupaten Malang, 5 di Kota Malang, 1 berasal dari Kota Batu, 9 orang lainnya di Magetan, 14 dari Sidoarjo, 4 Kabupaten Kediri, 1 Kota Kediri, dan 4 orang dari Gresik.

Selanjutnya, ada satu orang positif Covid-19 di Kabupaten Blitar, 1 di Kota Blitar, 3 orang dari Lumajang, 2 berasal dari Jember, 6 orang di Situbondo, dan 1 lagi di Banyuwangi. satu orang dari Pamekasan, satu dari Tulungagung, di Jombang juga ada satu orang, 4 dari Nganjuk, dan seorang lagi dari Kabupaten Madiun.

“Kemudian, 10 orang berasal dari Lamongan,” kutip Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dari update sebaran virus Corona di Jatim, Jumat (3/4/2020) malam.

Menurut Gubernur Jawa Timur, naiknya angka update di Jawa Timur hari ini, menandakan ada penambahan jumlah pasien positif Covid-19. Dari data sehari sebelumnya yang terkonfirmasi 103 pasien, Jumat ini ada tambahan 49 orang yang menyandang status positif Covid-19.

“Tapi, yang sembuh juga bertambah, dari 6 menjadi 28 orang. Sedangkan, pasien meninggal dunia sebanyak 11 orang,” tutur Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Sedangkan, 11 pasien yang meninggal dunia, lanjut Khofifah, terdapat 1 orang di Malang, 4 di Surabaya, dua orang asal Sidoarjo, dan 3 orang lainnya, masing-masing dari Gresik, Magetan dan Pamekasan. Catatan update ini juga mengakumulasi adanya penambahan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 9.435 orang. Berikutnya, 717 orang pasien dalam pengawasan (PDP) dan 152 positif Covid-19 (Coronavirus Disease).

“Ada 28 orang terkonfirmasi negatif. Artinya, mereka sudah sembuh,” tambah Khofifah kepada wartawan DERAPNASIONAL.COM.

Masing-masing yang dinyatakan sembuh itu, dari RSU Saiful Anwar Malang ada 3 orang, 16 lagi dari dua rumah sakit di Surabaya (RSUD dr Soetomo Surabaya dan RSUA Surabaya), dan 1 dari Kabupaten Blitar serta 8 orang sembuh dari Magetan.

“Tetap tingkatkan kewaspadaan dan maksimalkan langkah pencegahan Covid-19,” Menurut Gubernur Jawa Timur. Pesannya, tetap aga jarak sosial, selalu berolah raga, tinggal di rumah dan keluar hanya apabila benar-benar ada sesuatu yang penting alias urgent.

Tekankan selalu pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan yang baik, hindari untuk sementara waktu untuk datang ke keramaian atau upayakan tidak mengundang dan jangan menambah suasana yang menjadikan panik.

“Ingat. Jangan pernah anggap remeh penyebaran Covid-19 ini. Waspada dan terus waspada. Sebisa mungkin kewaspadaannya juga harus berlapis,” ingatnya.(Budi R)