Dapatkan Token Diskon Listrik Gratis 3 Bulan

0
693

DERAP.ID ||Jakarta,-Beragam pertanyaan disertai kebingungan, kini berkecamuk di benak konsumen listrik rumah tangga, utamanya para pengguna token. Pasalnya, metode tagihan atau pembayaran listrik yang digunakannya melalui media pulsa, atau dikenal dengan sebutan token.

“Bagaimana dengan kami yang menggunakan token? Apa kami harus antre di kantor PLN, atau ke balai desa, atau ada petugas yang mengantar ke rumah?” tanya Subhan, Jumat (3/4/2020).

Selain itu, pengguna listrik token asli Lamongan, Jawa Timur ini juga mempertanyakan, mekanisme mendapatkan pembebasan atau keringanan tagihan listrik melalui pemasangan token. Alasannya, konsumen token alias prabayar, cara pemakaian listriknya sangat berbeda dengan pengguna pascabayar.

“Enak yang menggunakan meteran manual, tinggal dibebaskan atau dibayar separo tiap bulannya selama 3 bulan berjalan,” seloroh warga Manyar, Gresik ini.

Ia berharap, penggratisan hingga keringanan tagihan tarif listrik selama tiga bulan untuk pengguna daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA juga diberlakukan untuk konsumen listrik pulsa alias token. “Karena, konsumen listrik PLN di Indonesia ini bukan hanya pascabayar, tapi juga pemakai listrik token,” tukas pelaku usaha warkop ini.

Mengakomodir keluhan pemakai listrik pulsa, PLN masih memproses ke dalam sistem. Berdasar data yang diperoleh, saat ini ada sekitar 24 juta pelanggan rumah tangga 450 VA. Jumlah tersebut masih ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem.

Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat, 11 April 2020, seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya. Meski demikian, PLN telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) dengan membebaskan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 VA, dan keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga bersubsidi berdaya 900 VA.

Token gratis dari PLN untuk pelanggan rumah tangga prabayar 450 VA dan 900 VA subsidi sudah dapat diakses. Pelanggan token dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke nomor WA 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk pelanggan 450 VA. Sebaliknya juga kepada pelanggan 900 VA bersubsidi diskon 50% akan diberikan dan dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi.

Caranya :
1. Buka alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan Stimulus Covid-19
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke kWh meter yang sesuai dengan ID Pelanggan.(Budi R)