Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Di Surabaya Terus Bertambah

0
347

DERAP.ID||Surabaya,-Penyebaran virus Corona (Covid-19) di Surabaya terus bertambah dan semakin menjadi-jadi dan menggila grafik kenaikannya. Bahkan, di wilayah Jawa Timur, Kota Surabaya menjadi salah satu daerah dalam kategori Zona Merah dengan infeksi positif Covid-19 per Minggu, 29 Maret 2020, sebanyak 41 pasien.

Memandang krusial situasi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberlakukan karantina wilayah melalui screening di 19 pintu masuk. Screening tersebut diperuntukkan bagi semua kendaraan dan masyarakat yang masuk wilayah Kota Pahlawan.

“Tujuan dari kebijakan ini untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Surabaya. Kami ingin memutus rantai Covid-19,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat, Senin (30/3/2020).

Menurutnya, karantina wilayah dengan screening kendaraan dan masyarakat tersebut sudah siap diberlakukan di Kota Surabaya. Ia memastikan, pengawasan di 19 pintu masuk Kota Surabaya itu akan dilakukan 24 jam bersama jajaran TNI/Polri.

“Sekarang, Forpimda Kota Surabaya sedang merumuskan. Mungkin minggu-minggu ini, atau dalam sehari dua hari ini kebijakan karantina wilayah mulai dijalankan di Kota Surabaya,” tuturnya.

Namun, ia mengingatkan, screening di sembilan belas pintu masuk tersebut, hanya membolehkan kendaraan-kendaraan yang dinilai urgen dan memiliki kepentingan dengan urusan kebutuhan dasar, seperti tenaga medis, tenaga pemerintahan, kendaraan pengangkut bahan pokok dan BBM, atau kendaraan penyuplai makanan. “Yang boleh masuk hanya kendaraan Surabaya atau pelat L. Sedangkan, kendaraan di luar pelat L, atau masyarakat yang boleh masuk harus dalam kondisi steril,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi Kota Surabaya, Muhammad Fikser menyatakan, Pemkot Surabaya tengah menyusun tahapan Standard Operating Procedure (SOP). Dengan harapan, masyarakat dan seluruh jajaran dapat memahami pelaksanaan karantina wilayah di Kota Surabaya.

“Ini dalam pembahasan. Semoga segera dapat dilaksanakan. Kebijakan ini kami ambil demi warga dan Kota Surabaya,” jelasnya.

Sementara, data sebaran kasus Covid-19 di Jawa Timur per Minggu (29/3/2020), terkonfirmasi 90 kasus positif Covid-19, 336 PDP dan 5.071 ODP. Kota Surabaya terakumulasi jumlah pasien positif Covid-19 terbanyak dengan 41 kasus.

Berikut 19 pintu masuk screening karantina wilayah Kota Surabaya :

Stadion Gelora Bung Tomo (Pakal), Terminal Tambak Oso (Benowo), Dupak Rukun (Asemrowo), Kodikal (Pabean), Mayjen rumah pompa (Dukuh Pakis), Gunungsari (Jambangan), Kelurahan Kedurus (Karang Pilang), Masjid Agung (Kec. Gayungan) dan Jeruk (Lakarsantri).

Screening juga dilakukan di Driyorejo, Benowo Terminal (Pakal), Tol Simo (Sukomanunggal), Mal City of Tomorrow (Dishub), MERR Gunung Anyar (Gunung Anyar), Suramadu (Kec. Kenjeran), Rungkut Menanggal (Gunung Anyar), Wiguna Gunung Anyar Tambak (Gunung Anyar), Margomulyo (Tandes) dan Pondok Chandra (Gunung Anyar).(Budi R)