Sudah Tercatat 59 Pasien di 8 Kabupaten Atau kota, Termasuk Surabaya Terkonfirmasi Positif Covid-19

0
268

DERAP.OD||Surabaya,-Membaca update situasi dan peta sebaran virus Corona di Jawa Timur per Kamis, 26 Maret 2020, tercatat sudah 59 pasien di 8 kabupaten/kota, termasuk Surabaya terkonfirmasi positif Covid-19. Memandang tingginya dampak wabah yang berawal sebarannya dari Wuhan, Cina ini, Pelindo III Regional Jawa Timur tak ingin kecolongan dan ambil risiko.

“Hari Ini (Jumat, 27 Maret 2020, red), ada acara bersih bersih dan penyemprotan bersama di Jamrud Selatan tempat kapal Roro. Dihadiri semua direksi, mulai jam 07.00 Wib sampai selesai,” tandas Wahyu, Kepala Staf Koordinator Lapangan Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Pelindo III Tanjung Perak, Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, kata Wahyu, selain di dermaga Jamrud Selatan, PBK juga telah merampungkan kegiatan serupa pada, Rabu (25/3/2020). Upaya pencegahan dengan penyemprotan disinfektan tersebut dimulai dari gerbang masuk kawasan Tanjung Perak hingga ke Gedung Kantor Pusat Pelindo III (Persero).

“Kegiatan atas perintah CEO Pelindo III Regional Jatim itu kami laksanakan pas tanggal merah, mulai pukul 08.00-13.30 Wib. Ini memang bulan-bulannya PBK jihad,” kata Wahyu.

Dijelaskan, perang melawan virus Corona yang kegiatannya bertepatan dengan kalender perayaan Hari Raya Nyepi itu, menyisir sejumlah titik. Berawal dari Taman Barunawati, tim PBK yang langsung dipantau Deputy Manager Health Safety, Security Environment (HSSE) Pelindo III Regional Jatim, Agus Nazar itu berjibaku menyemprotkan disinfektan ke seluruh target.

“Sepanjang Jalan Perak Timur dan Barat, kami semprot disinfektan dengan daya semprot tinggi,” tandasnya.

Kelima belas personel yang dilibatkan dalam ‘perang’ melawan wabah pandemi global tersebut, terbagi dalam dua zona penyemprotan. Sebagian dari personel yang berseragam safety dengan atribut lengkap khas PBK itu, ‘menunggangi’ satu unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar) menyusuri Jalan Perak Barat dan Perak Timur sampai Pelabuhan Kalimas. “Mereka semprotkan disinfektan sesuai titik sasaran,” tandas Wahyu.

Sedangkan, 1 unit lagi, lanjut Wahyu, menyemprot tiap sudut dan celah ruangan serta halaman di kantor BJTI Port. Selanjutnya, personel PBK yang merupakan bagian dari HSSE, dalam Divisi SDM ini masuk ke lingkungan terminal Jamrud Selatan dan Utara, Terminal Penumpang Kapal Laut GSN, Kantor Pelindo III Regional Jatim, Kantor Pusat Pelindo III, dermaga Nilam dan Mirah.

“Jadi, ada dua unit damkar, 25 personel dan seorang koordinator yang kami kerahkan untuk membunuh Corona. Untuk hari ini (Jumat, 27 Maret 2020, red), PBK mengerahkan full team dengan 2 armada,” paparnya. (Budi R)