6 Jenis Hepatitis, dari Gejala hingga Penularannya

0
536

Jakarta, Hepatitis berarti peradangan hati. Penyebab seseorang terkena hepatitis karena adanya virus. Ketika seseorang terkena hepatitis, fungsi hati akan menurun dan kian lama menjadi rusak.

Ada beberapa jenis hepatitis yang diketahui, yakni hepatitis A, B, C, D, E, dan G. Di antara keenam jenis hepatitis tersebut, kasus yang biasa dialami pasien di seluruh dunia, yakni hepatitis A, B, dan C.

Melansir laman Medicine Net, Jumat (27/7/2018), untuk memahami lebih lanjut, berikut ini jenis-jenis hepatitis.

Hepatitis A (HAV)

Hepatitis A menyumbang sekitar 1.781 infeksi baru per tahun di Amerika Serikat, sesuai data Centers for Disease Control and Prevention terbaru. Hepatitis A dapat menyebar dengan mudah dari orang ke orang seperti infeksi virus lainnya.

Infeksi virus hepatitis A dapat menyebar melalui konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Hepatitis A biasanya mudah menular dalam satu keluarga di satu rumah. Misal, ciuman intim.

Penyebaran infeksi hepatitis A juga bisa dari restoran dan di antara anak-anak jika mencuci tangan tidak bersih. Gejalanya termasuk kelelahan, mual, sakit perut, kehilangan nafsu makan, dan demam ringan.