Penutupan Kali Sentiong atau Kali Item menggunakan waring menjadi kehebohan warga Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bahwa penutungan itu hanya sementara.

Anies Baswedan mengatakan, penutupan Kali Sentiong menggunakan waring merupakan penanganan sementara untuk mengatasi bau tak sedap yang muncul dari kali tersebut. Langkah tersebut, menurut Anies, dilakukan agar saat Asian Games 2018, Kali Sentiong tidak mengganggu atlet yang menginap di Wisma Atlet.

“Jangka pendek kami memang menggunakan waring untuk mengurangi evaporasi. Karena kami tahu dengan suhu udara seperti ini, sinar Matahari yang kuat, maka penguapan terjadi. Dan kami gunakan juga nano bubble untuk menambah kadar oksigen. Harapannya bakteri penyebab bau bisa dikurangi,” kata Anies, Kamis 26 Juli 2018

Untuk penanganan jangka panjang, menurut Anies, tidak bisa dilakukan cara seperti itu. Pemprov DKI akan melakukan tindakan mencegah permasalahan sejak dari hulu, yakni melakukan pengolahan limbah di kawasan Kali Item.

“Jangka panjang kami akan bereskan dengan instalasi pengolahan air limbah domestik di sekitar kali itu. Ini sudah dalam perencanaan, sedang dalam proses lelang, nanti detailnya pak kadis SDA biar dia bisa cerita,” kata Anies.

Agar pencemaran di Kali Item tidak bertambah parah, Anies juga meminta agar sumber limbah yang mencemari Kali Item dapat diminimalkan. Mereka disarankan dapat melakukan pengolahan limbah dengan baik dan tidak membuang limbahnya di Kali Item.